Akibat Malas Mengganti Sikat Gigi

Malas mengganti sikat gigi – Sikat gigi adalah alat dengan bulu sikat yang digunakan untuk membersihkan gigi dari sisa makanan yang masih menempel di gigi.

Sikat gigi ini banyak jenisnya, mulai dari bulu sikat yang halus sampai kasar. Saat ini banyak sekali jenis dan model sikat gigi yang beredar dipasaran.

Namun dokter gigi sangatlah menganjurkan untuk kamu menggunakan sikat gigi dengan bulu sikat yang lembut.

Bulu sikat yang lembut akan tetap menjaga enamel gigi kamu dari goresan, yang bisa timbul jika kamu menggunakan sikat gigi dengan bulu sikat kasar.

Dokter gigi sangat menyarankan untuk kamu menyikat gigi sebanyak dua kali sehari. Kamu bisa melakukannya setelah sarapan dipagi hari dan juga sebelum beranjak untuk tidur malam.

Akibat dari malas menyikat gigi adalah akan timbul plak pada gigi kamu. Plak adalah awal mula timbulnya karang gigi penyebab peradangan pada gusi.

Penyakit gigi yang bisa kamu alami, bukan hanya berasal dari sisa makanan yang masih tersisa di gigi kamu. Penyakit gigi yang timbul juga bisa timbul akibat kamu malas mengganti sikat gigi.

Waktu yang sangat dianjurkan oleh dokter gigi untuk mengganti sikat gigi adalah setiap 3 bulan sekali.

Namun jika sikat gigi yang kamu gunakan sudah rusak ketika belum 3 bulan, kamu juga bisa langsung menggantinya dengan yang baru.

Hal ini sangat dianjurkan oleh dokter gigi untuk, tetap menjaga kesehatan gigi dengan maksimal.

Sikat gigi sudah ada sejak 3500SM, sikat gigi merupakan alat pembersih paling tua yang masih digunakan oleh manusia sampai saat ini.

Akibat Malas Mengganti Sikat Gigi

Akibat Malas Mengganti Sikat Gigi

Menyikat gigi menjadi tidak maksimal

Sikat gigi yang sudah lama tak diganti, pasti akan mengalami yang namanya penurunan fungsi. Sikat gigi yang sudah lama biasanya akan rontok bulu-bulu sikatnya.

Hal ini akan mengakibatkan proses membersihkan gigi tidak maksimal seperti menggunakan sikat gigi yang baru.

Kalau proses menyikat gigi tidak maksimal maka akan mengakibatkan bakteri dan kuman mudah sekali berkembang biak.

Bau mulut

Bau pada mulut bisa juga disebabkan karena kamu malas menggosok gigi setiap 2 kali sehari.

Ketika sikat gigi sudah rusak namun tidak diganti menyebabkan proses pembersihan gigi tidak maksimal. Lalu mengakibatkan bakteri dan kuman tetap bersarang di mulut.

Kerusakan gusi

Biasanya, sikat gigi yang sudah lama dipakai memiliki bulu sikat yang sudah using alias rontok. Bulu sikat yang sudah usang ini dapat mengikis enamel gigi kamu dan dapat menginfeksi gusi.

Lebih buruknya lagi, infeksi yang tidak bisa diobati akan berbahaya bagi kesehatan tubuh secara keseluruhannya.

Nah ada baiknya kamu menjaga kesehatan gigi sejak dini ya FDCiers. 

Jangan lupa untuk memeriksakan gigi kamu paling tidak 6 bulan sekali di FDC Dental Clinic.

Kepoin Websitnyanya juga untuk info promo lainnya. Lagi ada promo baru loh FDCiers, buruan liat Websitenya sebelum ketinggalan. Promo Terbatas!!

Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *