Cara Menghilangkan Karang Gigi Dengan Cepat

Menghilangkan karang gigi – Karang gigi merupakan tumpukan plak yang sudah mengeras di gigi. Plak bisa timbul akibat sisa makanan yang masih tersisa disela-sela gigi, sisa makanan yang lama tidak terangkat akan menyebabkan plak pada gigi.

Sisa makanan bukan hanya bisa menyebabkan plak, namun banyak lagi penyakit gigi yang bisa ditimbulkan akibat timbunan sisa makanan, salah satunya gigi berlubang.

Karang gigi bisa diatasi dengan air liur, namun jika karang gigi sudah banyak hal itu sangat sulit untuk dibersihkan dengan air liur. Akibat dari karang gigi yang menumpuk adalah berkembangnya bakteri menjadi lebih cepat, ini akan menyebabkan gigi berlubang.

Untuk membersihkan karang gigi yang sudah parah hanya bisa dilakukan oleh dokter gigi. Alat yang digunakan dokter gigi untuk membersihkan karang gigi adalah scaler, metode pembersihan karang gigi dinamai scaling gigi.

Scaling gigi juga banyak manfaatnya, mau tau apa manfaat scaling gigi?

Manfaat Scaling Gigi

Cara Menghilangkan Karang Gigi Dengan Cepat
Manfaat Scaling Gigi

1. Membersihkan sisa makanan

Bukannya bisa dengan sikat gigi? Mungkin banyak yang beranggapan hanya dengan sikat gigi bisa membersihkan sampai kesela-sela gigi bagian dalam. Nyatanya jika cara menggosok gigi salah maka akan menyebabkan penumpukan sisa makanan.

Sikat gigi rutin setiap dua kali sehari memang baik, namun kamu juga harus melakukan perawatan gigi setiap enam bulan sekali di klinik gigi. Ini akan mengurangi dampak terjadinya karang gigi, dan pastinya akan membuat kesehatan gigi dan mulut tetap terjaga.

2. Mencegah gingivitis

Manfaat dari scaling selanjutnya adalah mencegah terjadinya gingivitis, karang gigi yang tidak segera dibersihkan akan menyebabkan peradangan pada gusi (gingivitis) yang bisa menyebabkan gusi bengkak serta mudah berdarah.

3. Mencegah penyakit jantung

Kesehatan gigi dan mulut adalah cerminan dari kesehatan tubuh kita. Oleh sebab itu jika kesehatan gigi dan mulut saja sudah tidak terjaga, maka timbulah penyakit lain yang akan menyerang tubuh kita.

Karang gigi mengandung banyak bakteri, yang bisa menyebar keseluruh tubuh melalui aliran darah. Salah satu organ tubuh yang diserang adalah jantung. Ngeri juga ya penyakit yang dapat disebabkan oleh karang gigi.

 Itulah tadi manfaat yang akan kamu dapat dari perawatan scaling gigi. Scaling gigi bisa kamu lakukan setiap 6 bulan sekali di klinik gigi, hal ini dilakukan untuk menjaga kesehatan gigi kamu. Lebih baik mencegah dari pada menggobati.

Cara Menghilangkan Karang Gigi

Cara-Menghilangkan-Karang-Gigi-Dengan-Cepat
Karang Gigi

Selain Scaling kamu bisa juga bisa menggunakan cara lain untuk menghilangkan karang gigi. Ada beberapa cara ampuh menghilangkan karang gigi tanpa ribet, dan yang pasti dengan hasil maksimal.

1. Rajin gosok gigi

Gak diragukan lagi, kalau menyikat gigi dengan rutin setiap dua kali sehari akan terhindar dari karang gigi. Tapi perlu kamu ingat menyikat gigi tidaklah boleh asal-asalan, jika menyikat gigi tidak benar hanya akan menyebabkan sisa makanan berpindah tempat bukannya terangkat.

Teknik menyikat gigi yang benar adalah dengan sudut 450 dan gerakan secara memutar sikat gigi.

2. Flossing

Setelah kamu menyikat gigi, kamu bisa melakukan flossing atau membersihkan sela gigi dengan benang gigi. Untuk kamu yang menggunakan behel gigi wajib sekali flossing setiap hari setelah sikat gigi, hal ini bertujuan untuk mengangkat sisa makanan yang terselip dibehel kamu.

Jika itu dibiarkan maka akan menumpuk, bisa menyebabkan timbulnya plak pada gigi. Gak mau kan gigi yang sudah rapih nantinya malah ada karang gigi, akibat malas membersihkan sela sela gigi dan behel.

Baca juga: Macam macam behel gigi

3. Gunakan obat kumur

Sikat gigi sudah, menggunakan benang gigi sudah, nah ada lagi nih cara yang bisa kamu lakukan dalam satu waktu yaitu berkumur dengan obat kumur. Obat kumur akan membasmi kuman dimulut kamu yang itu berarti dapat mencegah timbulnya karang gigi.

4. Jangan mengonsumsi makanan sembarangan

Fungsi utama gigi adalah untuk mengunyah, jika kamu mengonsumsi makanan yang manis terutama, ini akan menyebabkan timbulnya bakteri dengan cepat.

Bakteri jika bertemu dengan makanan yang manis maka akan menyebabkannya memproduksi zat asam yang bisa menyebabkan kesehatan gigi terganggu.

5. Menggunakan baking soda

Kamu bisa menggunakan baking soda dengan campuran garam untuk pasta gigi. Cara ini ampuh untuk mengatasi karang gigi, dan juga membuat gigi putih. Lakukann lah seperti biasa kamu menyikat gigi.

Itulah cara menghilangkan karang gigi, kamu bisa mencobanya sendiri tanpa perlu ke dokter gigi. Cara-cara diatas hanya bisa dilakukan jika kondisi karang gigi belum terlalu parah.

Jika memang kondisi karang gigi sudah mencapai tingkat selanjutnya maka akan sulit dibersihkan dengan cara diatas. Kamu harus membersihkannya di klinik gigi dengan cara scaling.B

Ikuti saran dari dokter gigi kamu, jika ingin kondisi gigi yang tetap sehat.

Nah, ada baiknya kamu juga menjaga kesehatan gigi sejak dini ya FDCiers! 

Jangan lupa untuk memeriksakan gigi kamu paling tidak 6 bulan sekaliKlinik gigi, ya FDC. Klik disini untuk info lebih lanjut. Kepoin Instagramnya juga untuk info promo lainnya.

Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *