Berikut Cara Praktis Menghilangkan Rasa Ngilu di Gigi

Menghilangkan rasa ngilu di gigi – memang terasa tidak nyaman. Seringkali gigi ngilu terjadi saat makan makanan favorit kita dan pasti akan mengurangi kenikmatan makanan tersebut deh. Kira-kira kenapa ya gigi bisa ngilu?

Gigi terasa ngilu biasanya disebabkan karena terkikisnya lapisan pelindung gigi yang disebut email atau karena terpaparnya akar gigi.

Gigi kamu menjadi sensitif ketika gusi terbuka sehingga dentin pada lapisan di bawahnya, terpapar berbagai rangsangan.

Kondisi ini menyebabkan paparan dingin, panas, atau gesekan keras yang dapat memicu rasa ngilu.

Seringkali masalah gigi ngilu membuat kita tidak nyaman saat mengunyah makanan.

Macam-Macam Rasa Ngilu di Gigi

  1. Pengaruh usia bisa jadi salah satu penyebab gigi ngilu. Ini karena terjadi penurunan gusi pada lansia di mana fungsi gigi telah digunakan lama. Penurunan gusi dapat terjadi hingga akar gigi terlihat. Ini biasanya terjadi karena proses menyikat gigi yang dilakukan terlalu keras.
  2. Kebersihan gigi dan mulut yang tidak dijaga dengan baik. Biasanya terjadi karena sisa makanan yang mengendap akhirnya akan menekan gusi hingga akar gigi terlihat.
  3. Penyakit periodontal atau infeksi pada jaringan yang menyokong gigi di mana bisa mengakibatkan penurunan gusi.
  4. Kebiasaan menggertak gigi juga dapat menjadi penyebab gigi ngilu. Nah gigi yang sering digertak akan mengalami pengikisan lapisan terluar.
  5. Gigi berlubang hingga mengalami kerusakan bagian email (lapisan gigi yang paling keras). Ini tentunya karena kurangnya perawatan gigi.
  6. Bagian tambalan gigi mengalami keretakan atau kebocoran.
  7. Sering mengonsumsi makanan dan minuman asam.
  8. Proses pembentukan email yang kurang sempurna atau terkikisnya email sehingga sangat tipis.

Biasanya untuk mengatasi rasa ngilu, tentunya kita perlu mengetahui dengan pasti apa penyebabnya. Pada tahap ini memerlukan bantuan dokter gigi untuk menentukan diagnosisnya.

Hal tersebut dikarenakan rasa ngilu yang muncul tak dapat sembuh dengan sendirinya dan tentu saja dapat kambuh jika tak segera ditangani.

Berdasarkan penelitian Ipsos tahun 2011, sebanyak 45% orang Indonesia merasakan gigi ngilu saat mengonsumsi makanan panas, dingin, dan manis akibat gigi sensitif.

Sayangnya, 52% di antaranya tak menyadari bahwa mereka memiliki gigi sensitif dan tak pernah berkonsultasi dengan dokter gigi.

Segeralah lakukan tindakan jika merasakan ngilu pada gigi.

Menghilangkan Rasa Ngilu di Gigi

Gigi sensitif sendiri adalah masalah serius karena rasa ngilu yang timbul akibat gigi sensitif dapat mengganggu aktivitas kamu. Jadi, bagaimana cara mengatasinya? Yuk simak penjelasan berikut ini:

  • Apabila gigi ngilu terjadi karena makanan yang terjebak disela-sela gigi, maka disarankan untuk rutin melakukan pengecekan ke dokter gigi walaupun tidak ada keluhan. Selain itu, jangan lupa lakukan juga pembersihan karang gigi secara rutin setiap enam bulan sekali.
  • Apabila gigi ngilu akibat gigi terkikis disebabkan karena kebiasaan menggeretakkan gigi saat tidur, maka dibutuhkan alat pelindung gigi. Kamu bisa menggunakan night guard dan menerapkan manajemen stres untuk menenangkan pikiran. 
  • Apabila gigi ngilu terjadi karena gigi sensitif, maka penanganannya akan lebih variatif. Gigi sensitif biasanya diawali karena adanya penurunan gusi akibat kesalahan dalam menyikat gigi. Dalam tahap ini gigi belum tentu sensitif. Namun apabila teknik menyikat gigi tidak diperbaiki maka permukaan akar gigi akan terus terbuka. Gigi pun lebih mudah terpapar asam dari makanan dan minuman.
  • Jika terjadi terus menerus, gigi akan terkikis dan menyebabkan gigi menjadi sensitif. Gigi sensitif dengan keadaan gigi terkikis terlalu dalam dibutuhkan penambalan gigi. Untuk perawatan di rumah, pasien dianjurkan untuk mengganti sikat gigi dengan ujung bulu yang lembut dan mengganti pasta gigi khusus gigi sensitif.

Sebetulnya kita bisa mencegah gigi ngilu dengan cara yang cukup sederhana. Bisa dengan menyikat gigi secara teratur.

Nah apabila gigi ngilu trerasa semakin buruk, ada baiknya kamu juga perlu memperbaiki teknik menyikat gigi.

Gunakan metode modifikasi bass saat menyikat gigi agar lebih akurat dalam menghilangkan plak gigi tanpa merusak gusi dan gigi.

Caranya adalah dengan memegang ujung sikat sehingga bulu sikat terletak 45 derajat dari gigi geligi, kemudian sikat dengan gerakan memutar, sehingga bulu sikat masuk ke antara gigi geligi.

Ditulis oleh: drg. Dean Sena

Baca juga: Penyebab gigi berlubang

Sumber Referensi:

American Dental Association, Mouthy Healthy. Sensitive teeth.

Wyatt A D., WebMD (2016). What Can You Do About Sensitive Teeth?

Hicks R., WebMD boots (2016). Tooth Sensitivity.

Carr A., Mayo Clinic (2014). Expert Answers. What causes sensitive teeth, and how can I treat them?

Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *