Cara Sederhana Merawat dan Menjaga Kesehatan Gigi & Mulut

Menjaga Kesehatan Gigi – Salah satu faktor yang dapat merusak gigi adalah makanan dan minuman.

Makanan ada yang menyehatkan dan ada pula yang merusak gigi. Kesehatan gigi perlu ditinjau dari aspek lingkungan, pengetahuan, pendidikan, kesadaran masyarakat dan penanganan kesehatan gigi termasuk pencegahan dan perawatan.

Baca juga : Makanan dan Minuman yang Bagus untuk Kesehatan Gigi – Drg. Adeka JS

Untuk itulah penting sekali menjaga kesehatan gigi dan mulut. Sebaliknya sekali saja kita lengah dalam merawat dan menjaga kesehatan gigi dan mulut.

Maka berbagai ancaman kesehatan akan menunggu untuk menyerang dan merusak gigi serta mulut, hasilnya beberapa penyakit akan bersarang di mulut dan gigi.

Merawat dan menjaga kesehatan gigi dan mulut tidak harus selalu dilakukan dengan metode yang rumit dan berharga mahal. Sebab dengan bahan dan metode dibawah ini anda akan dapat merawat serta menjaga kesehatan gigi dan mulut dengan sederhana.

1. Jangan Takut Pergi ke Dokter Gigi

Sebagian besar orang merasa tabu untuk pergi ke dokter gigi dengan alasan takut dicabut gigi atau merasa parno ketika harus berhadapan dengan dokter gigi.

Betapapun pentingnya sekali untuk selalu konsultasikan masalah anda pada ahlinya agar solusi dan tindakan yang tepat bisa segera anda dapatkan demi kesehatan gigi tetap terjaga.

Nah, jika anda merasa cemas ketika berada diruangan dokter, alternatif lainnya anda bisa membawa alat pemutar musik kemudian cobalah untuk tenang dan santai.

2. Lakukan Flossing Sebelum Menyikat Gigi

Cara Merawat dan Menjaga Kesehatan Gigi serta Mulut
Gunakan Benang Gigi Untuk Mengankat Sisa Makanan

Flossing dalah tindakan pembersihan gigi dengan menggunakan benang gigi untuk membersihkan gigi hingga sela gigi. Flossing akan membantu mengeluarkan sisa makanan yang menempel di sela gigi. Dengan demikian proses menggosok gigi akan lebih efektif dan kuman serta sisa makanan bisa dibersihkan.

3. Rajinlah Menggosok Gigi

Biasakan untuk selalu menggosok gigi minimal 2 kali dalam sehari yakni satu kali di pagi hari dan satu kali saat sebelum tidur dimalam hari. Selain itu perhatikan pula cara yang benar dalam menggosok gigi, pastikan jika sisa makanan dan plak yang bersarang di gigi telah anda bersihkan.

4. Gunakan Obat Kumur

Cara Merawat dan Menjaga Kesehatan Gigi serta Mulut
Obat Kumur Untuk Hasil Maksimal

Penggunaan obat kumur akan bermanfaat dalam merontokan plak atau karang gigi serta sisa makanan hingga ke sela gigi dengan keseluruhan. Sempatkan waktu untuk berkumur menggunakan obat kumur agar mulut anda terasa lebih segar.

5. Atur Kadar Keasaman

Kadar keasaman dari makanan dan minuman yang anda konsumsi akan mempengaruhi kesehatan gigi serta mulut anda. Makanan yang dapat mempengaruhi kadar keasaman diantaranya adalah kopi, soda, cokelat, bawang merah, bawang putih, susu, makanan pedas dan berlemak.

Baca juga : Pentingnya Menjaga Kesehatan Gigi dan Mulut

Gigi dan mulut yang sehat tentu akan membuat rasa percaya diri anda menjadi lebih meningkat. Cara diatas diharapkan dapat membantu anda memliki gigi dan mulut yang sehat.

Nah ada baiknya kamu menjaga kesehatan gigi kamu sejak dini ya FDCiers. Jangan lupa untuk memeriksakan gigi kamu paling tidak 6 bulan sekali di FDC Dental Clinic. Klinik gigi, ya FDC.

Sumber Referensi:


Posted

in

, ,

by

Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *