Tips Menjaga Kesehatan Gigi Saat Puasa Tanpa Membatalkan Puasa

Menjaga kesehatan gigi saat puasa harus tetap kamu lakukan seperti biasa, hanya waktunya saja yang berbeda.

Dan juga menjaga kesehatan gigi itu sangat penting, jangan sampai karena tidak menyikat gigi selama puasa kamu terkena penyakit gigi nantinya. Jangan karena alasan takut batal puasanya kamu tidak menyikat gigi ya FDCiers.

Pada saat puasa mulut akan kering, ini karena tidak ada makanan maupun minuman yang kita konsumsi selama seharian penuh. Yang akan berdampak pada terjadinya bau mulut yang akan kita alami. ini merupakan hal wajar, bau mulut diakibatkan dari lebih cepat berkembang biaknya bakteri dalam mulut.

Cara terbaik untuk menghindari bau mulut saat puasa adalah dengan cara menjaga kesehatan mulut. Kesehatan gigi sangat penting untuk dijaga, hal ini akan mempengaruhi kenyamanan kamu saat beraktivitas sehari-hari.

Berikut cara menjaga kesehatan gigi saat puasa yang tidak membatalkan puasa:

Sikat Gigi 2 Kali Sehari

Tips-Menjaga-Kesehatan-Gigi-Saat-Puasa-Tanpa-Membatalkan-Puasa
Rutin Menyikat Gigi

Sama saja, saat puasa maupun tidak puasa, kamu tetap diwajibkan untuk menyikat gigi setiap 2 kali sehari. Hanya waktunya saja yang berbeda, jika biasanya menyikat gigi pagi setiap habis sarapan. Sekarang diganti menjadi setelah makan sahur.

Namun yang malam hari tetap yaitu setiap sebelum tidur malam. Pastikan semua bagian gigi tersikat dengan benar, jangan sampai ada bagian yang terlewat.

Perlu diingat gunakanlan pasta gigi yang mengandung fluoride untuk menyikat gigi, pasta gigi ini berguna untuk menghindari terjadinya gigi berlubang.

Baca juga: Makanan yang tepat untuk menjaga kesehatan gigi

Gunakan Obat Kumur

Sekarang banyak obat kumur dengan berbagai macam merk, gunakanlah obat kumur yang bisa membasmi bakteri pada mulut. Jangan langsung berkumur setelah selesai menyikat gigi, tunggu beberapa saat.

Hal ini bertujuan agar zat fluoride pada pasta gigi berkerja dengan maksimal terlebih dahulu.

Kalau kamu langsung berkumur setelah menyikat gigi, maka tidak akan maksimal kerja dari zat fluoridenya.

Benang Gigi

Tips-Menjaga-Kesehatan-Gigi-Saat-Puasa-Tanpa-Membatalkan-Puasa
Benang Gigi Membantu Mengangkat Sisa Makanan

Selain obat kumur kamu bisa menggunaka benang gigi untuk membantu mengangkat sisa makanan. Gunakan benang gigi sebelum menyikat gigi, benang gigi akan mengangkat sisa makanan yang tidak dapat dijangkau oleh sikat gigi.

Jika menggosok gigi terlebih dahulu, baru dilanjutkan membersihkan sisa makanan dan plak menggunakan benang gigi, hal ini malah memungkinkan kotoran tersebut kembali menyelip ke gigi meski sudah berkumur.

Periksa Gigi Secara Rutin

Kamu belum lengkap dalam menjaga kesehatan gigi kalau belum ketemu dokter gigi. Selain menyikat gigi setiap hari, kamu juga harus memeriksakan kesehatan gigi ke dokter gigi.

Memeriksakan gigi ke dokter gigi diwajibkan untuk menjaga kesehatan gigi. Selain itu lewat periksa rutin ke dokter gigi kamu juga akan mengetahui apakah ada penyakit di gigi kamu.

Hanya lewat pemeriksaan dokterlah akan terdeteksi adanya penyakit atau tidak di dalam rongga mulut kamu. Itulah sebabnya kamu harus memeriksakan kesehatan gigi setiap 6 bulan sekali ke dokter gigi.

Nah ada baiknya kamu menjaga kesehatan gigi sejak dini ya FDCiers. 

Jangan lupa untuk memeriksakan kesehatan gigi kamu paling tidak setiap 6 bulan sekali di FDC Dental ClinicKlinik gigi, ya FDC.

Jangan pernah takut untuk periksa ke dokter gigi, karena kesehatan gigi itu penting.

Di FDC Dental Clinic kamu akan dimanjakan loh saat perawatannya. Gak percaya?? Langsung aja datang ke FDC Dental Clinic terdekat dari rumah FDCiers. Lagi banyak promo juga loh FDCiers, klik disini untuk lihat promonya.

Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *