Cara Terbaik Merawat Gigi agar Tetap Sehat

Gigi yang sehat merupakan dambaan semua orang, cara merawat gigi yang tepat adalah hal yang paling utama untuk mendapatkan gigi yang sehat. Dokter gigi menyarankan untuk menyikat gigi sebanyak dua kali sehari.

Bila ini dikerjakan dengan rutin maka akan mendapatkan gigi yang terawatt serta sehat. Penyakit yang sering timbul paling banyak penyebabnya adalah dari malas menyikat gigi. Akibatnya sisa makanan akan menumpuk dan timbullah plak pada gigi.

Kamu harus hati-hati dengan yang namanya plak pada gigi, ini akan bisa menyebabkan karang gigi. Karang gigi merupakan plak yang lama tidak dibersihkan secara terus menerus, lalu mengeras timbulah karang gigi. Karang gigi juga merupakan sumber utama penyebab peradangan pada gusi.

Oleh sebab itu kamu harus serta wajib menyikat gigi setiap dua kali sehari untuk mencegah timbulnya plak pada gigi. Jangan sampai diusia yang masih muda kamu terkena penyakit peradangan pada gusi.

Cara Merawat Gigi

Ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk menjaga kesehatan gigi, caranya adalah sebagai berikut:

Berkumur

Berkumur berfungsi untuk menghilangkan sisa makanan yang masih tersisa di sela-sela gigi. Kamu bisa menggunakan cairan obat kumur yang banyak dijual dipasaran.

Perlu diingat pilihlah cairan obat kumur yang dapat membasmi kuman dimulut. Pakailah obat kumur setelah menyikat gigi supaya membantu mengangkat sisa makanan yang masih tetinggal di sela gigi.

Benang gigi

Cara-Terbaik-Merawat-Gigi-agar-Tetap-Sehat
Benang Gigi Untuk Mengangkat Sisa Makanan

Benang gigi sangat diperlukan untuk kamu yang menggunakan behel, dokter gigipun akan menyarankan kamu para pengguna behel untuk menggunakan benang gigi.

Benang gigi dapat menjangkau sela-sela behel dan sela gigi yang sulit dijangkau oleh sikat gigi. Behel gigi pasti akan menyebabkan sisa makanan mudah menyangkut, oleh sebab itu gunakanlah benang gigi untuk membasmi sisa makanan. 

Sikat gigi rutin

Seperti yang disebutkan diatas, perawatan utama untuk menjaga kesehatan gigi adalah menyikat gigi. Dalam menyikat gigi kamu juga tidak boleh asal dalam melakukannya. Kamu harus tau teknik dalam menyikat gigi.

Sikatlah gigi dengan gerakan yang memutar serta mulailah dari gigi bagian belakang. Posisikan sikat gigi dengan posisi 45 derajat, ini bertujuan agar sela gigi dapat terjangkau.

Walau biasanya sela gigi adalah tempat paling sulit untuk dijangkau. Tetapi dengan teknik tersebut sela gigi akan bisa sedikit terjangkau.

Pasta gigi

Cara Terbaik Merawat Gigi agar Tetap Sehat
Pasta Gigi

Untuk menjaga kesehatan gigi selanjutnya adalah dengan cara menggunakan pasta gigi mengandung fluoride. Pasta gigi yang mengandung fluoride akan mencegah gigi berlubang. Namun pasta gigi yang mengandung fluoride harus dibatasi pada usia muda, gunakan secukupnya saja.

Pemilihan sikat gigi

Memilih sikat gigi juga tidak boleh sembarangan, kamu bisa menggunakan sikat gigi dengan bulu sikat yang halus. Saat ini juga banyak sikat gigi yang menawarkan pembersih lidah sekaligus, hal ini sangat menguntungkan pastinya.

Kamu bisa menghemat, tidak perlu repot menggunakan dua alat . bisa hanya dengan satu alat gigi dan mulut langsung bersih bersamaan. Ingat ganti sikat gigi setiap 3 bulan sekali, agar tetap terjaga kesehatan gigi dan mulut.

Baca juga: Cara mengatasi gigi bertumpuk

Rutin ke dokter gigi

Setelah kamu melakukan perawatan diatas, untuk mendapatkan hasil yang maksimal kamu juga harus rutin memeriksakan kesehatan gigi di dokter gigi.

Hal ini bertujuan supaya penyakit bisa dideteksi sedini mungkin. Bila penyakit tidak terdeteksi sejak dini akan menyebabkan penyakit yang lebih parah.

Ikuti saran dari dokter gigi kamu, jika ingin kondisi gigi yang tetap sehat.Nah, ada baiknya kamu juga menjaga kesehatan gigi sejak dini ya FDCiers! 

Jangan lupa untuk memeriksakan gigi kamu paling tidak 6 bulan sekaliKlinik gigi, ya FDC. Kepoin Instagramnya juga untuk info promo lainnya.

Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *