4 Tips Merawat Gigi Veneer yang Benar

Veneer gigi merupakan lapisan buatan yang dipakai untuk melapisi bagian depan gigi. Tujuan veneer ini biasanya untuk membuat warna gigi menjadi lebih putih, selain itu bisa juga digunakan untuk meratakan permukaan gigi yang tidak rata, serta menutup kerenggangan serta keretakan gigi.

Anda sudah veneer? Apakah anda sudah tahu bagaimana cara merawat veener gigi agar tetap awet dan terjaga? Berikut tips merawat gigi veneer anda

1. Hindari Makanan Dan Minuman Berwarna Pekat

Untuk mencegah gigi veneer menjadi kuning, anda harus menjaga makanan dan minuman yang di konsumsi. Ada beberapa makanan dan minuman yang dapat mengubah warna gigi, antara lain soto, kopi, teh, dan alkohol. Sebagian dari kalian mungkin sudah tahu bahwa kopi, teh, dan alkohol itu tidak baik untuk warna alami gigi.

Soto biasanya mengandung kunyit sebagai pewarna alaminya. Warna kuning dari kunyit itu tidak akan hilang meski anda gosok gigi dan akan menempel pada veneer gigi sehingga membuatnya kuning.

Apalagi kalau veneer yang anda pilih memiliki bahan dasar komposit dan bukan porselen. Akan tetapi, anda tidak perlu khawatir.

Sesekali mengonsumsi makanan dan minuman tersebut tidak akan langsung membuat gigi anda menguning.

2. Rajinlah Sikat Gigi

Veneer yang terbuat dari porselen lebih cenderung anti noda karena teksturnya yang sangat licin dan tipis tidak akan meninggalkan warna kecokelatan atau kekuningan dari makanan yang dikonsumsi.

Namun hanya berlaku dibagian depan, alias yang tertutup veneer. Sementara bagian belakang atau dalamnya tetap akan bernoda. Maka dari itu, sangat penting bagi anda untuk rajin menggosok gigi minimal dua kali sehari.

Baca juga: 5 Jenis Tambal Gigi yang Wajib Kamu Ketahui

3. Jangan Paksa Gigi Untuk Menggigit Sesuatu Yang Keras

Tanpa disadari, anda mungkin sering melakukan kebiasaan yang merusak gigi, seperti menggigit es batu, mencoba membuka cangkang kepiting dengan gigi, menggigit kuku, menggigit pulpen, atau membuka sesuatu yang keras dengan gigi. Kebiasaan ini mungkin terasa sepele, namun justru memiliki efek yang tidak baik bagi gigi anda.

Setelah gigi anda di veneer atau meskipun gigi anda telah dilapisi partikel lain, potensi veneer retak itu tetap masih ada. Bahkan tidak hanya retak, tapi juga bisa menyebabkan veneer gigi pecah dan terlepas.

4. Hentikan Kebiasaan Merokok

Merokok tidak hanya bisa menyebabkan gangguan kesehatan pada organ-organ dalam tubuhmu, tapi juga pada gigi kamu, baik yang belum di veneer ataupun yang sudah. Kandungan nikotin dalam rokoklah penyebabnya.

Nikotin akan menempel pada gigi, membuatnya terlihat kuning, dan tidak akan hilang meskipun anda sikat gigi lebih dari dua kali sehari. Nah ada baiknya anda menjaga kesehatan gigi sejak dini ya FDCiers.

Jangan lupa untuk memeriksakan gigi anda paling tidak 6 bulan sekali di FDC Dental ClinicKlinik gigi, ya FDC

Informasi Konsultasi & Reservasi :
021-8660 1509
 (08.00 – 17.00)

WhatsApp :

Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *