Cara Merawat Gigi Untuk Menjaga Kesehatan Gigi dan Mulut

Merawat gigi merupakan hal wajib untuk setiap orang, hal ini wajib dilakukan setiap hari dengan cara menyikat gigi setiap dua kali sehari. Menyikat gigi setiap dua kali sehari dapat menjaga kesehatan gigi tetap terjaga. Sisa makanan yang menyangkut disela-sela gigi jika tidak disingkirkan dengan segera akan menyebabkan timbulnya plak pada gigi.

Cara merawat gigi yang baik dan benar tidaklah perlu memerlukan biaya yang mahal dan juga metode yang rumit.

Kamu hanya perlu merawatnya dengan cara sederhana, kamu bisa menjaga kesehatan gigi hanya dengan menyikat gigi teratur serta menggunakan obat kumur dan benang gigi. Cara tersebut sangat sederhana untuk kamu lakukan rutin dirumah.

Lakukan Ini Untuk Menjaga Kesehatan Gigi

Cara Merawat Gigi Untuk Menjaga Kesehatan Gigi dan Mulut
Menyikat Gigi

Jadikan kebiasaan

Jadikan kegiatan dalam menjaga kesehatan gigi adalah kebiasaan rutin setiap hari. Jangan pernah lewatkan kegiatan ini sekalipun. Kamu bisa menjadikannya kebiasaan saat pagi dan malam hari sebelum tidur, kamu bisa bersihkan area gigi dan mulut sesuai anjuran dokter.

Lakukan dengan lembut

Kamu diharuskan menyikat gigi dengan bulu sikat yang halus, dan lakukan dengan lembut jangan terlalu ditekan yang hanya akan menyebabkan gusi berdarah. Gerakan perlahan sikat gigi dengan cara memutar.

Jangan terlalu sering

Anjuran dokter yang baik untuk menyikat gigi adalah dua kali sehari, jika kamu menyikat gigi lebih dari yang dianjurkan oleh dokter hanya akan menyebabkan email gigi terkikis. Menyikat gigi yang terlalu sering juga akan menyebabkan gusi mudah berdarah loh.

Gunakan obat kumur dan benang gigi

Obat kumur dan benang gigi dapat membantu kamu untuk mengangkat sisa makanan yang tidak terjangkau oleh benang gigi. Benang gigi wajib kamu gunakan jika kamu memakai behel, ini akan membantu kamu menjangkau daerah sela-sela behel gigi.

Baca juga Penyebab sakit gigi

Cara Merawat Kesehatan Gigi

Cara Merawat Gigi Untuk Menjaga Kesehatan Gigi dan Mulut

Cara Merawat Kesehatan Gigi

Merawat gigi agar tetap sehat tidaklah sulit, kamu hanya perlu lakukannya dengan rutin. Merawat kesehatan gigi juga bisa kamu lakukan dirumah dengan cara menyikat gigi. Tapi apakah itu semua sudah cukup? Atau ada cara lain yang bisa dilakukan? Temukan jawabannya diartikel dibawah ini.

Sikat gigi

Kamu bisa melakukan sikat gigi setiap dua kali sehari, hal ini bisa kamu lakukan dirumah. Menyikat gigi dengan rutin bisa membuat kamu terhindar dari penumpukan plak pada gigi.

Plak bisa timbul akibat sisa makanan yang tertimbun di gigi dan tidak segera dibersihkan. Plak yang lama kelamaan akan menjadi keras yang dinamakan karang gigi, dari sini bisa timbul masalah baru yaitu penyakit peradangan pada gusi.

Rutin periksa ke dokter gigi

Hal selanjutnya yang bisa kamu lakukan untuk merawat kesehatan gigi adalah, rutin periksa kesehatan gigi ke dokter gigi. Kamu bisa melakukannya setiap 6 bulan sekali.

Rutin periksa gigi akan membuat kesehatan gigi semakin terjaga. Periksa gigi rutin akan dapat mendeteksi penyakit gigi sejak dini.

Pilih-pilih makanan

Jika ingin kesehatan gigi tetap terjaga kamu wajib pilih makanan, maksudnya adalah kamu harus menghindari makanan yang bisa menyebabkan gigi sakit. Terutama makanan yang manis seperti coklat dan permen, ini akan menyebabkan gigi berlubang.

Gunakan obat kumur

Obat kumur akan membasmi kuman dimulut, serta dapat mengangkat sisa makanan yang tidak terjangkau sikat gigi. Kamu bisa menggunakan obat kumur setiap habis sikat gigi, perlu diingat pilihlah obat kumur yang dapat membasmi kuman dimulut.

Itulah cara merawat gigi untuk menjaga kesehatan gigi dan mulut. Rajinlah menyikat gigi untuk mendapatkan gigi yang sehat, serta batasi mengonsumsi makanan manis. Kesehatan gigi dan mulut akan menyebabkan tubuh bugar setiap hari.

Ikuti saran dari dokter gigi kamu, jika ingin kondisi gigi yang tetap sehat.

Nah, ada baiknya kamu juga menjaga kesehatan gigi sejak dini ya FDCiers!  Jangan lupa untuk memeriksakan gigi kamu paling tidak 6 bulan sekaliKlinik gigi, ya FDC. Kepoin Instagramnya juga untuk info promo lainnya.

Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *