Penyakit Gigi yang Sering Dialami Oleh Anak-Anak

Penyakit gigi tak hanya dialami oleh orang dewasa saja, anak-anak pun rentan terhadap permasalahan gigi. Anak-anak lebih berpotensi untuk terkena penyakit gigi, itu dikarenakan mereka suka dengan makanan yang manis, dan juga masih belum paham dengan perawatan kesehatan gigi. Beri perhatian terhadap kesehatan gigi anak, karena gigi anak masih dalam perkembangan.

Penyebab Sakit Gigi Anak

Apa sih penyebab sakit gigi pada anak? Penyebab utama sakit gigi anak dengan orang dewasa sama saja, yaitu kebersihan gigi yang buruk. Sakit gigi biasanya akan terasa nyeri dibagian gigi dan rahang, nyeri akan semakin terasa hebat jika terkena makanan dingin ataupun panas.

Rasa nyeri ini pasti akan mengganggu aktifitas si kecil, tidak hanya si kecil kamu sebagai orang tua pasti juga akan kewalahan. Ketika rasa nyeri itu menyerang pasti si kecil akan rewel terus.

Anak-anak suka dengan makanan manis, jika sisa makanan ini tidak segera dibersihkan maka akan menyebab permasalahan gigi yang lain. Sisa makanan yang tak segera tak dibersihkan akan menyebabkan timbulnya bakteri, yang bisa menyebabkan gigi berlubang.

Masalah Gigi Anak

Penyakit-Gigi-yang-Sering-Dialami-Oleh-Anak-Anak

Gigi Tumbuh

Pasti anak akan mengalami yang namanya gigi tumbuh, ketika hal ini terjadi akan mengakibatkan gusi kemerahan dan sedikit membengkak. Produksi air liur pun akan meningkat ketika proses tumbuh gigi, hal ini akan menyebabkan rasa yang tak nyaman didaerah gusi.

Gigi yang pertama tumbuh adalah gigi susu, ketika itu anak suka mengunyah benda yang padat. Kamu harus berhati-hati, singkirkan benda yang berbahaya dari jangkauan anak-anak.

Berilah mainan yang aman untuk si kecil kunyah, kamu bisa memberinya mainan yang terbuat dari karet tentunya yang aman ya.

Pada saat gigi susu mulai tumbuh anak akan rewel serta susah tidur, ini karena si anak mengalami rasa nyeri. Kamu bisa mengatasi dengan memberinya obat Pereda nyeri, ingat sebelum memberi obat pereda nyeri pada anak kamu harus konsultasi terlebih dahulu dengan dokter gigi.

Gigi Berlubang

Gigi berlubang sudah tidak asing lagi, penyakit ini sering dialami oleh siapa saja. Penyebabnya pun juga yang paling umum adalah kebersihan gigi yang tidak terjaga.

Oleh sebab itu kamu harus membiasakan si kecil untuk merawat kesehatan gigi mereka sejak dini. Sebenarnya kamu bisa mulai menjaga kesehatan gigi si kecil sejak gigi itu belum tumbuh.

Kamu bisa membersihkan gusi si kecil dengan kain yang bersih dan halus.

Hal ini dilakukan untuk membasmi kuman di mulut, supaya tidak terjadi gigi berlubang ataupun penyakit gigi lainnya. Hal yang tidak kalah penting adalah mengajak si kecil untuk rutin periksa kesehatan gigi ke klinik gigi setiap 6 bulan sekali. periksa rutin ke klinik gigi akan mencegah terjadinya penyakit yang lain timbul.

Peradangan Gusi

Penyakit Gigi yang Sering Dialami Oleh Anak-Anak

Radang gusi sering terjadi pada balita yang mengalami kekurangan vitamin C atau perawatan gigi yang buruk. Biasanya radang gusi ditandai dengan adanya gusi berdarah dan sariawan.

Untuk mencegah terjadinya kondisi ini, pastikan asupan nutrisi anak tercukupi sekaligus menjaga kebersihan mulutnya. Pada rongga mulut si kecil juga bisa terbentuk karang gigi.

Oleh karena itu, pemeriksaan berkala dan pembersihan karang gigi juga penting untuk anak.

Baca juga: Penyebab gigi berlubang yang harus dihindari sejak dini

Jangan tunggu sampai keadaan makin parah baru kamu melakukan pemeriksaan ke dokter gigi.

Nah ada baiknya kamu menjaga kesehatan gigi sejak dini ya FDCiers.Jangan lupa untuk memeriksakan kesehatan gigi kamu paling tidak 6 bulan sekali di FDC Dental ClinicKlinik gigi, ya FDC.

Jangan pernah takut untuk periksa ke klinik gigi, karena kesehatan gigi itu penting.

Di FDC Dental Clinic kamu akan dimanjakan loh saat perawatannya. Gak percaya?? Langsung aja datang ke FDC Dental Clinic terdekat dari rumah FDCiers.

Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *