4 Penyakit Gigi yang Wajib Kamu Waspadai

Gigi berlubang merupakan salah satu penyakit gigi yang umum dijumpai. Namun ada banyak lagi penyakit gigi yang wajib kamu waspadai, penyakit gigi merupakan penyakit yang bisa membuat gigi kamu rusak atau bahkan membusuk.

Gigi yang sudah tidak sehat biasanya akan dilakukan tindakan pencabutan gigi. Sumber utama penyakit pada gigi adalah gigi yang jarang dibersihkan, penumpukan sisa makanan pada gigi akan menimbulkan plak yang berujung timbulnya karang gigi.

Karang gigi yang menumpuk jika tidak dibersihkan akan menimbulkan penyakit lain, yaitu peradangan pada gusi. Karang gigi yang telah menumpuk lama hanya bisa dibersihkan dengan alat yang bernama scaler. Proses pembersihan karang gigi hanya bisa dilakukan oleh dokter gigi pastinya.

Untuk mencegah karang gigi, kamu diwajibkan untuk merawat kebersihan gigi dengan cara rutin sikat gigi setiap hari sebanyak dua kali. Berikut penyakit gigi yang wajib kamu waspadai.

Erosi Gigi

Penting! 4 Penyakit Gigi yang Wajib Kamu Waspadai
Erosi Gigi

Erosi gigi, disebabkan oleh enamel gigi yang terkikis akibat zat asam. Zat asam bisa berasal dari makanan ataupun minuman yang biasa kamu konsumsi.

Contoh makanan atau minuman yang bersifat asam adalah jus buah, minuman bersoda, pempek, dan buah-buahan yang berasa asam. Enamel gigi adalah lapisan keras yang berfungsi untuk melindungi gigi, jika enamel gigi mulai terkikis bisa menyebabkan gigi berlubang.

Plak Gigi

Plak gigi merupakan tanda adanya bakteri dalam mulut, ini disebabkan oleh sisa makanan yang tidak terangkat ketika menggosok gigi. Plak yang lama tertimbun pada gigi akan mengeras yang akan menimbulkan terbentuknya karang gigi.

Plak pada gigi dapat timbul jika kamu jarang gosok gigi serta terlalu sering mengonsumsi makanan dan minuman yang manis. Menggosok gigi yang disarankan dokter adalah setiap dua kali sehari. Selain menggosok gigi kamu juga bisa menggunakan cairan obat kumur setelah menyikat gigi supaya sisa makanan bisa terangkat semua.

Baca juga: Cara mengatasi kerusakan gigi pada anak

Gigi Berlubang

Penting! 4 Penyakit Gigi yang Wajib Kamu Waspadai
Gigi Berlubang

Mungkin kalian sudah pernah mengalami masalah gigi berlubang. Gigi berlubang disebabkan oleh banyaknya bakteri yang menumpuk dalam mulut. Gigi berlubang bisa menimbulkan sakit yang luar biasa kalau tidak segera di tangani dengan benar.

Penanganan gigi berlubang yang masih dalam tahap awal adalah penambalan gigi, namun jika sudah tahap lanjut gigi bisa langsung dicabut untuk menghilangkan rasa sakit tersebut.

Gigi berlubang banyak dijumpai pada anak-anak, karena mereka menyukai makanan dan minuman yang manis. Makanan manis yang tersisa disela-sela gigi akan menjadi makanan bakteri.

Jika bakteri bertambah banyak zat asam pun ikut bertambah banyak, yang akan menyebabkan lubang gigi semakin membesar.

Gingivitis

Atau sering disebut peradangan gusi, penyebab utama gingivitis adalah kebersihan gigi dan mulut yang tidak dijaga dengan baik. Ciri utama gingivitis adalah gusi membengkak, dan mudah berdarah. Rajinlah untuk membersihkan gigi supaya terhindar dari yang namanya gingivitis. Plak yang menumpuk pada gigi juga akan menyebabkan radang gusi.

Itulah penyakit pada gigi yang wajib kamu waspadai, cara mencegah itu semua tidaklah sulit. Kamu hanya harus rajin menjaga kebersihan gigi setiap hari dan melakukan perawatan rutin ke dokter gigi setiap enam bulan sekali. Membersihkan gigi setiap dua kali sehari dapat mencegah timbulnya plak penyebab karang gigi.

Jika kamu rutin periksa kesehatan gigi ke dokter gigi kamu akan terhindar dari penyakit gigi tentunya. Jangan tunggu sampai sakit dulu baru datang ke dokter gigi, jika sudah terlambat bisa jadi gigi kamu tidak terselamatkan. Jalan satu-satunya untuk mengobati gigi yang telah rusak adalah cabut gigi.

Nah, ada baiknya kamu juga menjaga kesehatan gigi sejak dini ya FDCiers!

Jangan lupa untuk memeriksakan gigi kamu paling tidak 6 bulan sekaliKlinik gigi, ya FDC. Klik disini untuk info lebih lanjut. Kepoin Instagramnya juga untuk info promo lainnya.


Posted

in

by

Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *