Inilah Penyebab dan Juga Cara Mengatasi Gigi Sensitif Secara Tepat

Gigi sensitif merupakan keadaan yang mengganggu, gigi sensitif ini akan menimbulkan sensasi ngilu dan juga menimbulkan rasa nyeri pada bagian gigi kamu. Ngilu yang timbul ini biasanya terjadi karena, kamu mengonsumsi makanan yang terlalu panas maupun yang dingin.

Gigi menjadi sensitif karena lapisan terluar gigi kamu terkikis, dan membuat lapisan dentin gigi menjadi terlihat. Makanan atau minuman yang dingin dan juga panas akan terkena langsung ke lapisan dentin dan membuat gigi menjadi lebih sensitif.

Lapisan dentin gigi ini terhubung langsung ke saluran yang berisi serabut-serabut saraf. Dentin yang terekspos dan terkena makanan dan minuman dingin maupun panas akan membuat gigi terasa ngilu. Ini karena secara otomatis serabut saraf juga terpapar dan menyebabkan gigi kamu menjadi ngilu.

Oleh sebab itu ada baiknya kamu selalu menjaga kesehatan gigi secara teratur. Karena gigi yang sehat akan membuat gigi kuat, dan lapisan enamel gigi menjadi terjaga. Lapisan gigi yang satu ini merupakan lapisan gigi terluar, dan juga lapisan gigi paling kuat yang fungsinya menjaga gigi dari kerusakan.

Walaupun begitu, lapisan ini bisa juga terkikis kalau kamu tidak menjaganya dengan baik. Lapisan enamel gigi ini bisa terkikis karena bakteri yang ada di rongga mulut kamu menggrogotinya. Bakteri tadi muncul karena kamu malas menjaga kesehatan gigi setiap hari.

Menjaga kesehatan gigi sangatlah mudah untuk dilakukan, kamu bisa menggosok gigi setiap dua kali sehari. Dengan begitu sisa makanan yang mengundang bakteri akan secara langsung dapat terangkat dari sela-sela gigi kamu.

Apakah hanya dengan menggosok gigi dengan rutin dapat mengatasi gigi yang ngilu? Kamu juga harus melakukan beberapa hal lain untuk tetap menjaga kesehatan gigi.

Seperti menggunakan benang gigi dan juga mengonsumsi makanan yang sehat setiap hari. Jika kamu melakukan itu maka gigi kamu akan tetap sehat.

Makanan serta minuman yang kamu konsumsi setiap hari akan dengan mudah mengundang bakteri untuk datang. Mari kenali apa penyebab dari gigi sensitif, supaya kamu dapat menghindarinya sejak dini.

Penyebab Gigi Sensitif

Inilah Penyebab dan Juga Cara Mengatasi Gigi Sensitif Secara Tepat

Kebiasaan buruk

Masih banyak yang mengabaikan kesehatan gigi dengan melakukan kebiasaan buruk. Kebiasaan buruk yang sering dilakukan adalah malas dalam menyikat gigi. Selain itu menyikat gigi yang salah juga menjadi faktor utama dalam masalah gigi yang sensitif ini.

Enamel gigi yang terkikis

Seperti yang sudah disebutkan diatas tadi, bahwa enamel gigi adalah bagian terluar gigi. Bagian enamel gigi ini juga menjadi bagian gigi terkuat. Namun walaupun begitu lapisan enamel ini juga harus dijaga supaya tidak menimbulkan gigi sensitif.

Fungsi utama dari enamel yang merupakan lapisan terluar gigi adalah untuk melindungi gigi dari kerusakan. Enamel gigi juga bisa terkikis jika kamu salah dalam menjaga kesehatan gigi. Menyikat gigi yang terlalu kasar dapat menyebabkan enamel gigi terkikis.

Selain itu konsumsi makanan dan minuman yang terlalu panas maupun yang terlalu dinging, juga menjadi pemicu gigi menjadi sensitif.

Penyakit gusi

Penyakit gusi ini juga dapat berpengaruh pada gigi, yang akan menyebabkan gigi sensitif. Untuk permasalahan gigi yang sensitif karena penyakit gusi, kamu bisa langsung melakukan perawatan ke dokter gigi.

Dokter gigi akan melakukan perawatan yang tepat untuk mengatasi gigi yang sensitif karena masalah gusi ini. Dengan perawatan yang tepat juga akan membuat keadaan gigi dan gusi kamu menjadi sehat kembali.

Plak yang menumpuk

Plak muncul akibat kamu malas untuk menggosok gigi, plak adalah sisa makanan yang tertimbun di gigi kamu. Plak ini akan menjadi karang gigi jika kamu tidak segera untuk menghilangkannya. Plak gigi ini bisa dengan mudah kamu hindari dengan menggosok gigi secara rutin.

Kalau menggosok gigi dirasa belum cukup untuk mengatasinya, kamu bisa menggunakan benang gigi (dental flossing). Cara ini terbukti ampuh untuk mengangkat sisa makanan yang terselip di sela gigi.

Dengan menggunakan benang gigi ini sela gigi bagian belakang yang sulit dijangkau sikat gigi, akan mudah diatasi dengan benang gigi ini.

Gigi berlubang

Gigi yang berlubang/bolong dapat menyebabkan rasa ngilu yang luar biasa pada gigi kamu, lebih dari sekadar gigi sensitif. Untuk masalah gigi berlubang ini perlu memeriksa gigi kamu ke dokter gigi dan juga menentukan pengobatan yang tepat, seperti penambalan gigi.

Seiring bertambahnya usia, tambalan bisa melemah, patah, atau bocor di sekitar tepinya. Hal tersebut dapat memudahkan bakteri untuk menumpuk di lubang kecil ini. Akhirnya terbentuklah penumpukan asam dan enamel gigi pun dapat menjadi rusak.

Cara Mengatasi Gigi Sensitif

Inilah Penyebab dan Juga Cara Mengatasi Gigi Sensitif Secara Tepat

Gigi yang sensitif ini dapat kamu atasi dengan beberapa perawatan yang harus kamu lakukan. Baca selengkapnya dibawah ini.

Merawat gigi dengan baik

Merawat kesehatan gigi haruslah dilakukan setiap harinya oleh kamu. Dengan merawat kesehatan gigi dengan baik, maka kamu akan memiliki gigi sehat setiap saat. Merawat gigi dengan baik sangatlah mudah, kamu bisa dengan mudah menggosok gigi setiap hari.

Menggosok gigi setiap dua kali sehari, sangatlah membantu kamu untuk tetap menjaga kesehatan gigi. Selain menggosok gigi setiap hari, kamu bisa menggunang benang gigi sebagai tambahan. Benang gigi ini akan dengan mudah mengangkat sisa makanan yang sulit dijangkau oleh sikat gigi.

Rutin periksa gigi

Periksa gigi secara rutin dapat membantu kamu untuk mencegah penyakit gigi seperti gigi sensitif. Periksa gigi ini sebaiknya kamu melakukannya secara rutin, jangan menunggu sampai gigi kamu sakit baru ke dokter gigi.

Dokter gigi menyarankan untuk kamu melakukannya setiap 6 bulan sekali, saat kontrol rutin ini. Biasanya dokter akan menyarankan kamu untuk melakukan scaling gigi, yang bertujuan untuk mencegah plak pada gigi.

Perawatan scaling gigi ini sangatlah ampuh untuk mencegah penumpukan plak pada gigi, yang bisa menyebabkan karang gigi. Dengan begitu gigi sensitif dapat dengan mudah diatasi secara tepat dengan scaling gigi.

Hindari ini

Gigi yang sensitif banyak sekali penyebabnya, salah satunya bersumber dari makanan. Untuk mengatasi gigi yang sensitif kamu bisa menghindari makanan yang panas dan juga dingin. Selain kedua makanan itu kamu juga harus menghindari makanan yang asam.

Nah ada baiknya kamu menjaga kesehatan gigi sejak dini ya FDCiers.

Jangan lupa untuk memeriksakan gigi kamu paling tidak 6 bulan sekali di FDC Dental Clinic.

Kepoin Websitnyanya juga untuk info promo lainnya.
Lagi ada promo baru loh FDCiers, buruan liat Websitenya sebelum ketinggalan. Promo Terbatas!!

Baca juga: Bahaya membiarkan gigi berlubang


Posted

in

by

Comments

4 tanggapan untuk “Inilah Penyebab dan Juga Cara Mengatasi Gigi Sensitif Secara Tepat”

  1. […] Baca juga: Cara tepat mengatasi gigi sensitif […]

  2. […] Baca juga: Cara tepat mengatasi gigi sensitif […]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *