Penyebab Gigi Berlubang yang Perlu Dihindari Sejak Dini

Gigi berlubang merupakan salah satu penyakit gigi yang sering dialami oleh sebagian orang. Banyak dari mereka yang masih mengabaikan tentang masalah kesehatan gigi yang satu ini. Gigi berlubang dapat terjadi secara permanen dan dapat menyebabkan kerusakan yang semakin parah pada gigi.

Gigi berlubang dapat terjadi oleh siapa saja, dari usia bayi sampai usia lanjut bisa terkena penyakit gigi berlubang. Namun usia anak-anak lebih rentan terhadap permasalahan gigi berlubang, ini karena mereka suka makanan yang manis.

Sisa makanan yang tidak segera dibersihkan semakin lama akan menyebabkan enamel gigi keropos. Ini diakibatkan bakteri yang semakin berkembang biak, hal ini akan menimbulkan lubang pada gigi.

Jika lubang gigi yang awalnya kecil lalu dibiarkan maka akan semakin membesar. Pada akhirnya hal tersebut akan menyebabkan sakit gigi yang parah.

Gigi berlubang banyak penyebabnya, mulai dari kebiasaan makan yang buruk, sampai dengan kebersihan gigi yang tidak terjaga.

Berikut penyebab gigi berlubang:

Bakteri

Bakteri adalah penyebab utama yang bisa menyebabkan gigi berlubang. Bakteri sangat cepat berkembang biak dalam rongga mulut, hal ini akan semakin parah jika keadaan kebersihan gigi tidak terjaga.

Bakteri akan mengakibatkan terkikisnya enamel gigi, yang merupakan lapisan terluar gigi. Enamel gigi akan menipis dan bisa membuat lubang pada gigi, jika lubang masih kecil maka akan ditambal.

Kebersihan Mulut

Penyebab-Gigi-Berlubang-yang-Perlu-Dihindari-Sejak-Dini

Menjaga kebersihan mulut yang bisa kamu lakukan adalah dengan menyikat gigi. Sebaiknya kamu menyikat gigi setiap hari sebanyak 2 kali sehari.

Jangan sampai kamu tidak menyikat gigi setiap hari, jika kamu malas maka akan timbul yang namanya gigi berlubang.

Perlu diingat sikatlah gigi menggunakan pasta gigi yang mengandung fluoride didalamnya. Fluoride dapat mencegah gigi berlubang, serta dapat menghilangkan bau mulut.

Cara Menyikat Gigi

Menyikat gigi wajib dilakukan setiap dua kali sehari, namun kamu tidak boleh sembarangan dalam teknik menyikat gigi. Sikatlah gigi mulai dari bagian atas gigi, serta gunakan sikat gigi yang berbulu sikat lembut.

Jika kamu menggunakan bulu sikat yang kasar akan merusak email gigi, yang menyebab gigi berlubang. Oleh sebab itu jangan asal pilih sikat gigi, supaya terhindar dari gigi berlubang.

Timbulnya Plak

Plak pada gigi akan cepat timbul akibat kebersihan gigi tidak terjaga. Makanan atau minuman yang biasa kamu konsumsi mengandung berbagai macam zat, zat yang biasa ada dalam setiap yang kamu konsumsi adalah gula.

Jika kamu tidak membersihkannya dengan segera maka akan menimbulkan plak pada gigi. Plak yang lama menumpuk pada gigi akan menimbulkan karang gigi.

Plak mengandung zat asam yang bersumber dari bakteri akan menyebabkan enamel gigi terkikis. Hal ini lama kelamaan akan membuat gigi berlubang jika kamu tidak membersihkannya. Bersihkan plak pada gigi di dokter gigi terpercaya.

Usia

Penyebab-Gigi-Berlubang-yang-Perlu-Dihindari-Sejak-Dini

Gigi berlubang dapat terjadi pada siapa saja tua maupun muda. Namun yang lebih berpotensi terkena gigi berlubang adalah yang sudah lanjut usia dan juga usia anak-anak. Anak-anak akan sangat suka sekali mengonsumsi makanan dan minuman yang manis.

Itulah penyebab gigi berlubang, sebaiknya kamu merawat kesehatan gigi kamu sejak dini. Jangan biarkan keadaan semakin parah, hal pertama yang harus kamu lakukan adalah periksa kesehatan gigi setidaknya setiap 6 bulan sekali.

Baca juga: Tips mudah memutihkan gigi

jangan tunggu sampai keadaan makin parah baru kamu melakukan pemeriksaan ke dokter gigi.

Nah ada baiknya kamu menjaga kesehatan gigi sejak dini ya FDCiers.Jangan lupa untuk memeriksakan kesehatan gigi kamu paling tidak 6 bulan sekali di FDC Dental ClinicKlinik gigi, ya FDC.

Jangan pernah takut untuk periksa ke klinik gigi, karena kesehatan gigi itu penting.

Di FDC Dental Clinic kamu akan dimanjakan loh saat perawatannya. Gak percaya?? Langsung aja datang ke FDC Dental Clinic terdekat dari rumah FDCiers.

Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *