Inilah Penyebab Dari Gigi Geraham Mudah Berlubang

Gigi berlubang sering kali dialami oleh sebagian orang, gigi gerahan adalah bagian gigi yang paling mudah berlubang.

Walaupun ukuran gigi geraham lebih besar dari gigi lainnya, namun gigi geraham sangat rentan untuk berlubang. Hal itu disebabkan oleh beberapa hal, dari posisi gigi yang sulit dijangkau sikat gigi sampai kebersihan gigi yang tak terawat.

Bentuk geraham yang memiliki anatomi khusus serta sulit dijangkau kerap kali membuatnya menjadi tempat bersarangnya sisa makanan. Oleh sebab itu ketika kamu membersihkan atau menyikat gigi usahakan lebih untuk menyikat gigi geraham.

Penyebab Gigi Geraham Berlubang

1. Struktur anatomi berbeda

Inilah-Penyebab-Dari-Gigi-Geraham-Mudah-Berlubang

Struktur anatomi gigi geraham berbeda dengan gigi lainnya. Gigi geraham memiliki tonjolah serta lekukan. Hal ini sangat rentan untuk mengalam gigi berlubang, gigi geraham sangat rentan untuk berlubang. Lain dari gigi taring maupun gigi seri yang tidak terlalu rentan untuk berlubang.

Lekukan pada gigi geraham sangat memudahkan makanan untuk masuk ke gigi geraham. Hal ini pun akan menyulitkan untuk proses pembersihannya, karena lekukan tadi makanan akan sulit diangkat ketika menyikat gigi.

Kamu wajib untuk menyikat gigi dengan benar supaya makanan yang terselip akan terangkat. Jika kamu tidak menyikat gigi dengan benar maka makanan yang terselip akan sangat sulit untuk dibersihkan.

Itulah sebabnya gigi geraham lebih mudah berlubang dibandingkan dengan gigi lainnya.

2. Posisi gigi geraham

Penyebab gigi geraham mudah berlubang selanjutnya adalah, posisi gigi geraham yang terletak di bagian belakang.

Karena posisinya dibelakang dan juga terdapat lekukan pada bagian atasnya, menyebabkan gigi geraham sulit dijangkau dengan sikat gigi.

Jadi perlu diperhatikan jika menyikat gigi bahwa bagian gigi geraham telah tersikat dengan bersih. Maka seluruh bagian gigi akan bersih, tidak hanya yang bagian depan saja gigi belakang pun akan bersih.

3. Fungsi gigi geraham

Inilah-Penyebab-Dari-Gigi-Geraham-Mudah-Berlubang

Fungsi gigi geraham adalah untuk mengunyah makanan yang kamu konsumsi. Karena inilah gigi geraham lebih mudah berlubang jika dibandingkan gigi taring maupun gigi seri.

Jika gigi geraham sudah terlanjur berlubang kamu wajib menambalnya, hal ini dilakukan supaya tidak terjadi lebih besar lubangnya. Jika lubang sudah semakin membesar maka akan sulit untuk ditambal, dan yang parahnya akan dilakukan pencabutan gigi geraham.

Didukung oleh posisi gigi yang berada pada bagian belakang, dan juga lekukan yang terdapat di bagian atas gigi.

Membuat gigi geraham sangat rentan untuk berlubang, oleh karena itu kamu harus rajin menyikat gigi setiap hari sebanyak 2 kali sehari. Kamu juga bisa menggunakan obat kumur untuk memaksimalkan proses pembersihan gigi.

Jangan lupa ketika menyikat gigi harus dengan benar supaya gigi bersih dan juga tidak ada sisa makanan yang masih terselip.

Jangan tunggu sampai keadaan makin parah ya FDCiers baru kamu melakukan pemeriksaan ke dokter gigi. Mencegah itu lebih baik dari mengobati FDCiers.

Baca juga: Masalah kesehatan gusi yang sering diabaikan

Nah ada baiknya kamu menjaga kesehatan gigi sejak dini ya FDCiers. Jangan lupa untuk memeriksakan kesehatan gigi kamu paling tidak setiap 6 bulan sekali di FDC Dental ClinicKlinik gigi, ya FDC.

Jangan pernah takut untuk periksa ke dokter gigi, karena kesehatan gigi itu penting.

Di FDC Dental Clinic kamu akan dimanjakan loh saat perawatannya. Gak percaya?? Langsung aja datang ke FDC Dental Clinic terdekat dari rumah FDCiers.

Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *