Inilah Penyebab Gigi Kuning dan Cara Untuk Mencegahnya

Gigi kuning merupakan hal yang banyak dialami oleh sebagian orang, penyebab gigi kuning sebagian besar dikarenakan oleh kebiasaan buruk yang dijalani.

Kebiasaan tersebut seperti malas menyikat gigi, dan juga mengkonsumsi makanan ataupun minuman yang bisa menyebabkan gigi kuning seperti kopi.

Gigi kuning tentunya akan membuat kamu percaya diri, kondisi ini akan semakin parah lagi jika kamu malas membersihkan gigi. Kebersihan gigi adalah cerminan dari kesehatan tubuh kita.

Hal ini karena makanan yang masuk ke tubuh kita akan lebih dahulu diproses di dalam mulut. jika kesehatan mulut tidak terjaga maka proses yang terjadi tidak akan sempurna.

Penyebab lain yang bisa mengakibatkan gigi berubah warna menjadi kuning adalah semakin bertambahnya usia. Penyebab ini tidak bisa dihindari, karena siapapun pasti akan bertambah usianya.

Bertambahnya usia akan menyebabkan lapisan enamel gigi yang berwarna putih makin menipis. Sehingga lapisan dentim yang berwarna kuning makin terlihat jelas.

Penyebab Gigi Kuning

Inilah-Penyebab-Gigi-Kuning-dan-Cara-Untuk-Mencegahnya
Kopi Salah Satu Penyebab Gigi Kuning

Kopi dan teh

Minuman yang nikmat ini juga bisa menyebabkan gigi kuning loh. Itu karena terdapat kandungan kromogen yang sangat tinggi didalamnya.

Selain itu kopi juga memiliki kandungan asam yang dapat merusak gigi kamu. Mulai sekarang kamu harus perhatikan lagi jika ingin mengonsumsi kopi, sebaiknya jangan berlebihan dalam mengkonsumsinya.

Kesehatan gigi yang buruk

Kesehatan gigi perlu kamu perhatikan lebih jika ingin mendapkan gigi putih bersih. Karena kesehatan gigi yang buruk tidak hanya menyebabkan perubahan warna pada gigi tetapi juga akan menyebabkan penyakit lain.

Kamu wajib sekali menyikat gigi sebanyak 2 kali dalam sehari, kebiasaan ini dilakukan untuk mengangkat sisa makanan yang menempel pada gigi.

Sisa makanan ataupun noda pada minuman yang tidak segera kamu bersihkan akan menyebabkan gigi berwarna kuning.

Permen

Permen yang mengandung banyak pewarna buatan sebaiknya kamu hindari, karena permen dengan kandungan pewarna buatan akan menyebabkan noda pada gigi.

Cara Mencegah Gigi Kuning

Inilah-Penyebab-Gigi-Kuning-dan-Cara-Untuk-Mencegahnya
Sikat Gigi Rutin Untuk Mencegah Gigi Kuning

Gigi kuning bisa kamu cegah dengan beberapa cara dibawah ini. Berikut cara untuk mencegahnya

Tingkatkan kebersihan gigi

Kamu wajib memjaga kebersihan gigi setiap hari, kamu bisa menyikat gigi sebanyak dua kali sehari. Selain itu kamu juga bisa melakukan flossing untuk mengangkat sisa makanan yang menempel pada sela gigi.

Hal lain yang bisa dilakukan untuk meningkatkan kebersihan gigi adalah rutin periksa gigi ke dokter gigi. Periksa kesehatan gigi kamu setiap 6 bulan sekali untuk menjaga kesehatan gigi.

Jaga pola makan

Atur pola makan kamu, hindari makanan atau minuman yang bisa menyebab gigi kuning. Mungkin ini akan sulit dilakukan, kamu bisa melatih kebiasaan ini sedikit demi sedikit.

Dari yang awalnya mengkonsumsi kopi 3 gelas sehari, kamu coba mulai dari 2 gelas sehari sedikit demi sedikit sampai dengan satu gelas sehari.

Berhenti merokok

Bukan hanya makanan maupun minuman yang biasa kamu konsumsi yang bisa menyebabkan gigi kuning.

Rokok juga bisa menyebabkan gigi kamu berwarna kuning, kamu harus menghindari rokok karena rokok tidak baik juga untuk kesehatan tubuh kamu.

Banyak kandungan berbahaya pada rokok yang bisa menyebabkan timbulnya penyakit.

Baca juga: Mengenal manfaat Crown Gigi

Nah ada baiknya kamu menjaga kesehatan gigi sejak dini ya FDCiers.Jangan lupa untuk memeriksakan kesehatan gigi kamu paling tidak 6 bulan sekali di FDC Dental ClinicKlinik gigi, ya FDC.

Jangan pernah takut untuk periksa ke klinik gigi, karena kesehatan gigi itu penting.

Di FDC Dental Clinic kamu akan dimanjakan loh saat perawatannya. Gak percaya?? Langsung aja datang ke FDC Dental Clinic terdekat dari rumah FDCiers.

Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *