Penyebab Gigi Rusak yang Sering Dianggap Remeh

Kebiasaan yang kamu anggap biasa saja, ternyata bisa membuat gigi rusak. Banyak hal yang sering kita lakukan tanpa sadar ternyata bisa menjadi faktor utama, yang dapat mempengaruhi kesehatan gigi dan mulut kamu.

Setiap orang pasti menginginkan gigi yang sehat bukan? Oleh sebab itu kamu juga wajib tau penyebab gigi rusak. Setelah tau penyebabnya kamu juga tentu wajib untuk menghindarinya.

Faktor utama gigi rusak adalah kamu malas merawat kesehatan gigi, sebenarnya sangat mudah untuk merawat kesahatan gigi. Perawatan utama untuk mendapatkan gigi yang sehat adalah dengan rutin menyikat gigi setiap dua kali sehari.

Perlu diingat kamu juga bisa menggunakan pasta gigi mengandung fluoride, pasta gigi dengan kandungan fluoride akan dapat mencegah gigi kamu dari munculnya lubang.

Berikut kebiasaan buruk yang dapat merusak gigi kamu, jangan sampai gigi kamu rusak hanya karena kamu mengabaikan kebiasaan ini.

Kebiasaan Buruk Penyebab Gigi Rusak

Penyebab-Gigi-Rusak-yang-Sering-Dianggap-Remeh
Malas Menyikat Gigi Merupakan Faktor Utama Gigi Rusak

1. Bernapas melalui  mulut

Semua makhluk hidup pasti bernapas, kita sebagai manusia bernapas dengan hidung. Allah telah menciptakan hidung dengan fungsinya sedemikian rupa untuk kita bernapas.

Bernapas melalui mulut ternyata bisa mengakibatkan gigi rusak loh. Kebiasaan bernapas dari mulut ternyata bisa mempengaruhi perubahan keseimbangan pada tekanan rahang dan gigi.

Hal tersebut dapat mempengaruhi pertumbuhan rahang dan posisi gigi kamu. Jika hal itu terjadi maka akan berakibat pada tidak beraturannya posisi gigi kamu nantinya.

2. Mengunyah dengan satu sisi

Mengunyah makan merupakan fungsi utama dari gigi. Mengunyah pada satu sisi geraham juga merupakan kebiasaan yang harus tinggalkan. Walaupun tidak berpengaruh besar terhadap posisi perubahan gigi.

Namun akan mempengaruhi perkembangan rahang kamu, mengunyah dengan kedua sisi juga sangat berpengaruh pada kesehatan gigi dan mulut. Kebiasaan ini juga akan mempengaruhi timbulnya plak pada gigi.

3. Merokok

Penyebab-Gigi-Rusak-yang-Sering-Dianggap-Remeh
No Smoking

Kandungan yang ada dalam rekok selain dapat merusak tubuh, ternyata dapat merusak keadaan gigi kamu. Kandungan yang ada dalam rokok dapat mengiritasi rongga mulut, hal ini terjadi karena adanya proses pembakaran.

Hal utama yang timbul adalah perubahan warna pada gigi, serta bau mulut yang kamu alami.

4. Menghisap ibu jari

Kebiasaan yang satu ini sering dilakukan oleh anak kecil, dan bisa jadi berkelanjutan sampai usia dewasa. Mengisap ibu jari bukanlah suatu penyebab dari masalah fisik atau psikologis (Dionne, 2001).

Beberapa kasus menunjukkan kebiasaan mengisap ibu jari dapat menjadi masalah karena ada kemungkinan terjadinya misalignment gigi permanen.

Anak yang berusia lima atau enam tahun jika masih melakukan kebiasaan mengisap ibu jari (Stuani, et al, 2006). Hal tersebut juga dapat mengubah rasio antara bagian atas dan bawah ketinggian wajah bagian depan.

Akibatnya posisi gigi depan jauh lebih maju dari gigi bawah, dan terjadi open bite (Millett and Welbury, 2005; Dionne, 2001).

5. Malas ke dokter gigi

Malas masih menjadi faktor utama penyebab gigi rusak, jika kamu malas merawat gigi rutin setiap harinya maka akan menjadi kebiasaan juga bagi kamu untuk enggan periksa rutin ke dokter gigi.

Memeriksakan kesehatan harus dilakukan sejak dini, serta rutin setiap 6 bulan sekali. Jangan tunggu gigi memiliki lubang yang sudah besar baru ke dokter gigi.

Jika gigi sudah mengalami masalah serius jalan satu-satunya untuk mengatasinya adalah gigi akan dicabut.

Baca juga: Manfaat dari scaling

Nah ada baiknya kamu menjaga kesehatan gigi sejak dini ya FDCiers.Jangan lupa untuk memeriksakan kesehatan gigi kamu paling tidak 6 bulan sekali di FDC Dental ClinicKlinik gigi, ya FDC.

Kepoin Websitnyanya juga untuk info promo lainnya. Lagi ada promo baru loh FDCiers, buruan liat Websitenya sebelum ketinggalan. Promo Terbatas!!

Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *