Penyebab Gusi Bengkak, Serta Cara Tepat Mengatasinya

Penyebab Gusi Bengkak – Gusi bengkak sering dialami oleh sebagian orang karena tidak terjaganya kesehatan gigi. Jika kamu pernah merasakan gusi bengkak pasti tahu betapa sakit dan tidak nyamannya saat itu terjadi.

Gusi bengkak adalah salah satu gejala dari gingivitis kronis atau peradangan gusi kronis.

Deteksi dan pengobatan gusi bengkak sedini mungkin dapat mencegah kondisi lain yang lebih parah misalnya periodontitis.

Periondotitis adalah infeksi gusi yang merusak jaringan lunak dan dapat menghancurkan gigi Anda.

Gusi bengkak bisa disebabkan oleh beberapa faktor, antara lain adalah:

1. Plak

Penyebab Gusi Bengkak, Serta Cara Tepat Mengatasinya

Ini adakal hal paling umum yang dapat menyebabkan pembengkakan pada gusi. Plak adalah lapisan tak terlihat pada gigi dan gusi yang terbentuk oleh bakteri di mulut.

Plak akan terlihat jika gigi tidak dibersihkan secara rutin sehingga menimbulkan zat berwarna kekuningan pada permukaan gigi.

Plak tidak hanya menyebabkan gigi berlubang tapi juga menyebabkan infeksi. Plak yang menumpuk dapat masuk ke dalam gusi dan menyebabkan peradangan.

Plak pada gigi bisa diatasi dengan scaling gigi, kamu bisa melakukan scaling gigi setiap 6 bulan sekali di klinik gigi FDC Dental Clinic pastinya.

2. Iritasi

Reaksi alergi terhadap bahan yang terkandung dalam pasta gigi, makanan, obat-obatan atau bahkan kawat gigi, dapat menyebabkan iritasi dengan gejala kemerahan dan pembengkakan pada jaringan gusi.

Banyak orang baru menyadari bahwa mereka mengalami gusi bengkak setelah mengganti pasta gigi jenis yang berbeda dari biasanya.

3. Sisa Makanan

Makanan yang masuk masuk ke bawah gusi atau melekat di sela-sela gigi seringkali sulit untuk dibersihkan. Salah satu contoh makanan yang sering terjebak di bawah gusi adalah popcorn dan serat daging.

Satu atau dua hari sesudah sisa makanan terselip, terjadilah pembengkakan yang baru akan mereda setelah sisa-sisa popcorn dibersihkan atau keluar dengan sendirinya.

4. Perbaikan gigi dengan cara yang salah

Penyebab Gusi Bengkak, Serta Cara Tepat Mengatasinya

Gigi yang merenggang karena usia dan diperbaiki dengan cara yang salah, dapat memudahkan sisa-sisa makanan terjebak di sela-sela gigi.

Seringkali, sisa-sisa makanan yang sudah terjebak itu sulit dibersihkan sehingga lama-kelamaan dapat menyebabkan infeksi.

Gigi palsu yang tidak pas juga dapat mengiritasi jaringan gusi, menyebabkannya luka atau bengkak.

5. Hormon

Beberapa wanita menemukan bahwa perubahan kadar hormon dapat menyebabkan gusi bengkak. Hal ini biasanya bersifat sementara dan biasanya terjadi saat hamil.

6. Obat-obatan tertentu

Jika anda sudah sangat baik dalam merawat kesehatan gigi tapi masih mengalami gusi bengkak, maka saatnya untuk mencurigai obat yang Anda konsumsi.

Beberapa obat seperti obat untuk menurunkan tekanan darah tinggi dapat membuat pertumbuhan berlebih dari jaringan gusi yang terlihat seperti bengkak.

Baca juga: Harga-harga perawatan gigi terbaru

Mencegah Gusi Bengkak

Yang paling ideal, pencegahan gusi bengkak dilakukan mulai dari rumah dengan cara:

  1. Mengatur pola makan seimbang, mencakup buah-buahan dan sayuran.
  2. Hindari makanan dan minuman manis.
  3. Hindari hal-hal yang dapat mengiritasi gusi seperti obat kumur yang terlalu tajam, alkohol dan tembakau. 
  4. Ubah merek pasta gigi dan obat kumur jika Anda menemukan ketidaknyamanan pada area oral Anda setelah menggunakannya.

Untuk kamu yang ingin melakukan perawatan kesehatan gigi di FDC jangan takut harganya akan mahal.

Karena di FDC Dental Clinic seluruh cabang sedang ada promo yang bakalan membuat kamu bisa melakukan perawatan dengan tenang.

Harga promo perawatan di FDC Dental Clinic mulai dari RP 99.000 loh FDCiers. Kamu bisa langsung klik di sini untuk lihat promonya, banyak promo yang ditawarkan khusus untuk kamu.

Jadi tunggu apalagi ayo buruan ke FDC Dental Clinic, PROMO TERBATAS


Posted

in

by

Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *