Inilah Penyebab Periodontitis, yang Menyebabkan Gigi Kamu Goyang

Penyebab Periodontitis – Pernahkah kamu mengalami gusi berdarah pada saat menyikat gigi?

Jika pernah kamu mungkin saja mengalami radang gusi. Radang gusi pada dasarnya terbagi 2 yaitu gingivitis dan periodontitis.

Periodontitis adalah infeksi gusi yang merusak jaringan lunak dan tulang penyangga gigi.

Kondisi ini perlu segera diobati karena dapat menyebabkan gigi tanggal serta meningkatnya risiko serangan jantung, stroke, dan masalah kesehatan serius lainnya.

Periodontitis umum terjadi namun dapat dicegah. Periodontitis biasanya diakibatkan oleh kebersihan mulut yang buruk.

Tanda-Tanda dan Gejala Periodontitis dapat meliputi

Inilah Penyebabnya Periodontitis, yang Menyebabkan Gigi Kamu Goyang

1. Pembengkakan gusi

2. Gusi berwarna merah terang atau keunguan

3. Gusi yang terasa nyeri saat disentuh

4. Gusi yang berkurang ketinggiannya sehingga, membuat gigi terlihat lebih panjang dari biasanya

5. Rongga terbentuk di antara gigi

6. Nanah di antara gigi dan gusi

7. Napas berbau

8. Rasa tidak sedap pada mulut

9. Gigi lepas

10. Perubahan pada gigi saat menggigit.

Penyebab Periodontitis

Periodontitis dimulai dengan plak. Plak adalah penumpukan bakteri saat kamu tidak menyikat gigi. Plak memburuk apabila kamu makan makanan manis dan mengandung pati.

Menggosok dan menggunakan benang gigi dapat mengangkat plak, namun plak cepat terbentuk kembali, biasanya dalam 24 jam.

Penyebab lainnya adalah karang gigi – plak yang mengeras pada gigi. Karang gigi lebih sulit dihilangkan dan dapat mengiritasi gusi.

Semakin lama plak dan karang gigi berada di gigi kamu, semakin besar kerusakan yang dapat terjadi. Peradangan dapat menyebabkan tumbuhnya kantung-kantung berisi plak, karang gigi dan bakteri di antara gusi dan gigi.

Selain radang gusi yang tidak terobati, terdapat beberapa faktor yang bisa meningkatkan risiko seseorang terkena periodontitis.

Di antanya adalah merokok, obesitas, kurang gizi, konsumsi obat-obatan yang mengurangi produksi air liur, perubahan hormon seperti saat menstruasi dan kehamilan, atau penyakit-penyakit tertentu, seperti diabetes dan leukemia.

Baca juga: Masalah kesehatan pada gusi

Diagnosis Periodontitis

Inilah Penyebabnya Periodontitis, yang Menyebabkan Gigi Kamu Goyang

Diagnosis periodontitis dapat ditetapkan setelah melalui pemeriksaan gigi, termasuk memeriksa adanya perdarahan akibat plak, serta mengukur kedalaman celah antara gusi dengan gigi yang melebihi 4 mm.

Sedangkan untuk mengetahui tingkat kerusakan tulang akibat periodontitis, dokter akan menggunakan pemeriksaan foto Rontgen.

Pengobatan Periodontitis

Tujuan pengobatan periodontitis adalah mengurangi peradangan, menghilangkan celah antara gusi dan gigi, serta mengatasi penyebab peradangan gusi tersebut.

Jika periodontitis belum parah, dokter biasanya akan meresepkan antibiotik minum atau topikal (berupa gel atau obat kumur) untuk menghilangkan bakteri penyebab infeksi.

Selain itu, scaling atau pembersihan karang gigi juga diperlukan guna menghilangkan karang gigi dan bakteri dari permukaan gigi atau bagian bawah gusi.

Jika bakteri dan plak bertumpuk di akar gigi, maka metode root planing diperlukan untuk membersihkan dan mencegah penumpukan bakteri dan karang gigi lebih lanjut, serta menghaluskan permukaan akar. Jika kamu memiliki periodontitis yang parah, operasi dapat diperlukan.

Pencegahan Periodontitis

Periodontitis bisa dicegah dengan cara menjaga kebersihan gigi agar terbebas dari bakteri yang menyebabkannya.

Gosoklah gigi minimal 2 kali sehari, yaitu di waktu pagi hari 30 menit setelah sarapan dan malam hari sebelum tidur, gunakan sikat gigi yang lembut.

Jangan lupa untuk membersihkan sela-sela gigi menggunakan benang gigi. Selain rajin menyikat gigi, rutinlah memeriksakan gigi ke dokter gigi tiap 6 bulan sekali, tentunya di FDC Dental Klinik.

Jangan pernah takut untuk periksa ke dokter gigi, karena kesehatan gigi itu penting.

Di FDC Dental Clinic kamu akan dimanjakan loh saat perawatannya. Gak percaya?? Langsung aja datang ke FDC Dental Clinic terdekat dari rumah FDCiers. Lagi banyak promo juga loh FDCiers, klik disini untuk lihat promonya.


Posted

in

by

Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *