Penyebab Timbulnya Sariawan yang Sering Terjadi Secara Tiba-Tiba

Timbulnya sariawan pada rongga mulut pasti akan membuat kamu kesel. Sariawan yang kadang memiliki benjolan membuat makan terasa tak nikmat.

Penyebab utama dari sariawan yaitu adanya jamur candida albicans, yang memang berada didalam mulut dalam jumlah yang kecil dan pertumbuhan yang tidak terkendali.

Mengobati sariawan dapat dengan cara obat-obatan anti jamur seperti miconazole, nystatin, fluconazole, clotrimazole dan econazole. Selain itu, kamu dapat menggunakan obat anti jamur dalam bentuk gel, krim, obat kumur dan tablet.

Serta mengurangi kebiasaan merokok dan senantiasa menjaga kebersihan gigi dan mulut pun dapat mempercepat proses penyembuhan sariawan.

Penyebab Timbulnya Sariawan

Penyebab-Timbulnya-Sariawan-yang-Sering-Terjadi-Secara-Tiba-Tiba

Sariawan adalah luka kecil, dan terasa nyeri yang muncul pada jaringan lunak dalam mulut, pada dasar gusi, bawah lidah, atau sepanjang sisi rongga mulut. 

Sariawan sering disebut juga dengan aphthous ulcer, aphthous stomatitiscanker sores, atau mouth ulcer. Sariawan bisa muncul hanya satu atau beberapa buah sekaligus, namun sariawan tidak menular.

Penyebab sariawan yang paling umum adalah daya tahan tubuh melemah, kekurangan vitamin B12 dan/atau asam folat, serta infeksi bakteri atau virus tertentu.

Siapapun dapat mengalami sariawan, tapi memang lebih sering terjadi pada remaja dan wanita dewasa muda. Beberapa orang yang rentan sariawan bisa mengalami sariawan yang lebih parah.

1. Cedera atau kerusakan pada lapisan dalam mulut yang biasanya terjadi karena bibir tergigit secara tidak sengaja, gigi yang terlalu tajam, memakai kawat gigi, atau mengunyah makanan yang keras.

2. Kondisi medis yang meliputi kekurangan zat besi atau vitamin B12, sistem imunitas yang lemah (misalnya akibat HIV dan penyakit lupus), dan infeksi virus seperti pilek, penyakit tangan, kaki, dan mulut.

3. Penyebab sariawan juga dikarenakan dari efek samping mengonsumsi obat atau metode pengobatan, misalnya nicorandil, penghambat beta, obat antiinflamasi nonsteroid (AINS), kemoterapi, dan radioterapi.

4. Mengonsumsi makanan atau minuman tertentu, seperti makanan pedas dan kopi

5. Adanya perubahan hormon yang biasanya dialami wanita yang bisa mengalami sariawan selama masa menstruasi. Bahkan sariawan bisa muncul saat seseorang merasa gelisah atau stres.

Baca juga: Buah-buahan ini ampuh membasmi sariawan

Obat Pereda Sariawan

Penyebab-Timbulnya-Sariawan-yang-Sering-Terjadi-Secara-Tiba-Tiba

Air garam

Berkumur dengan air garam selama kurang lebih 2 menit dapat meredakan sariawan loh FDCiers. Garam memiliki sifat antiradang dan antibakteri untuk mencegah sariawan kamu berkembang makin parah.

Garam juga membantu mempercepat proses penyembuhan sariawan. Selain sebagai obat sariawan alami, garam bermanfaat untuk mencegah infeksi di mulut.

Untuk membuat membuatnya kamu tidak memerlukan bahan yang merepotkan, cukup tambahkan satu setengah sendok teh garam ke dalam satu gelas air hangat.

Lalu aduk sampai merata dan kemudian kumur-kumurkan air larutan tersebut di dalam mulut, ingat!! Jangan ditelan ya. Segera buang setelah selesai dan bilas dengan minum air putih.

Bila sariawan tak kunjung sembuh segera hubungi dokter.

Es batu

Dalam beberapa hari, sariawan di lidah bisa membengkak dan terasa menyakitkan. Agar sariawan cepat kempis dan sembuh, kamu bisa mengompres lidah dengan es batu.

Kalau kamu kuat dengan rasa dinginnya saat memegangnya, kamu bisa menggunakan handuk kecil. Rasa sejuk es batu bisa menjadi obat sariawan alami yang meringankan rasa nyeri.

Jika sulit, diamkan es batu pada bagian lidah yang sariawan sampai mencair sepenuhnya di mulut. Bila sariawan tak kunjung sembuh segera hubungi dokter.

Madu

Madu adalah salah satu pilihan obat sariawan alami yang cukup ampuh. Caranya cukup dengan mengoleskan madu di atas sariawan tersebut. Bila sariawan tak kunjung sembuh segera hubungi dokter.

Nah itulah tadi Penyebab, serta obat yang bisa meredakan rasa nyeri pada sariawan. Jangan lupa hubungi dokter jika sariawan yang kamu alami tak kunjung sembuh.

Comments

2 tanggapan untuk “Penyebab Timbulnya Sariawan yang Sering Terjadi Secara Tiba-Tiba”

  1. […] Baca juga: Penyebab timbulnya sariawan […]

  2. […] Baca juga: Penyebab timbulnya sariawan […]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *