Inilah 5 Cara Terbaik untuk Perawatan Gigi Berlubang

Gigi berlubang merupakan salah satu penyakit yang sering dikeluhkan. Apa ya yang menyebabkan gigi berlubang? Penyebab gigi berlubang adalah rusaknya email gigi.

Email gigi merupakan lapisan terluar gigi yang keras. Rusaknya email gigi disebabkan oleh banyaknya zat asam yang terproduksi akibat tumpukan plak yang dibiarkan. Menempelnya plak ini akan membuat zat asam yang akan terus-menerus, sehingga email gigi akan retak dan menyebabkan gigi berlubang.

Penyebab gigi berlubang juga bukan hanya zat asam yang terbentuk akibat menumpuknya plak pada gigi. Tetapi ada beberapa hal yang akan menyebabkan gigi berlubang, seperti berikut ini:

Penyebab Gigi Berlubang

Inilah-5-Cara-Terbaik-untuk-Perawatan-Gigi-Berlubang..
Gigi Berlubang

Gigi berlubang pasti ada penyebab, tidak akan langsung terjadi begitu saja

Makanan Manis

Ini adalah jenis makanan yang paling disukai setiap kalangan, mulai dari anak-anak sampai dewasa. Mungkin untuk kamu yang sudah dewasa mengerti ini, tetapi anak-anak tidaklah langsung mau ketika dilarang.

Malah mungkin akan melakukannya karena penasaran. Makanan manis memang sangat menggoda, peremen contohnya. Gigi anak yang rusak sering disebabkan karena terlalu banyak mengonsumsi permen.

Makanan manis yang banyak mengandung gula akan menyebabkan bakteri lebih cepat memproduksi zat asam dalam mulut serta gigi. Zat asam yang terkandung terlalu tinggi akan menyebabkan email gigi rusak, lalu berakibat timbulnya lubang pada gigi.

Malas Sikat Gigi

Kebersihan gigi sangatlah penting untuk mencegah gigi berlubang. Salah satu cara untuk membersihkan gigi yaitu dengan sikat gigi secara teratur, pagi dan saat malam sebelum tidur.

Gosok gigi yang teratur akan membersihkan sisa-sisa makanan. Hal ini bertujuan agar tidak timbulnya plak pada gigi yang akan menyebabkan karang gigi. Mulai sekarang jangan pernah lagi malas untuk sikat gigi ya! Kamu harus rajin dalam menyikat gigi agar gigi tidak bolong.

Itu tadi dua penyebab yang dapat menyebabkan gigi berlubang. Penyebab gigi berlubang paling utama adalah masalah kebersihan gigi. Rajin lah dalam menjaga kebersihan gigi, salah satu caranya dengan menggosok gigi dengan teratur dan rajin memeriksakan kesehatan gigi ke dokter gigi setiap 6 bulan sekali.

Baca juga: Manfaat rutin periksa gigi 6 bulan sekali

Setelah mengetahui penyebab gigi berlubang, selanjutnya akan kita bahas cara merawat gigi yang berlubang. Gigi berlubang perlu dirawat? Emang bisa? Sebelum kerusakannya parah, gigi yang berlubang sebenarnya masih bisa dilakukan perawatan.

Cara Merawat Gigi Berlubang

Inilah-5-Cara-Terbaik-untuk-Perawatan-Gigi-Berlubang,
Merawat Gigi Berlubang

Memberikan Fluoride

Ini hanya bisa dilakukan jika lubang gigi masih halus. Saat ini banyak pasta gigi yang sudah mengandung fluoride di dalamnya. Cara penggunaannya sangat mudah, sama dengan sikat gigi biasa. Sementara itu banyak jenis fluoride yang ada di pasaran seperti gel, cair, busa, atau pernis. Kamu bisa memilihnya sesuka hati.

Mengonsumsi Banyak Vit D

Jika kekurangan vit D, tubuhmu akan kekurangan kalsium. Vitamin D juga akan menciptakan sementum yang akan mengikat gigi ke tulang di mulut.

Untuk mendapatkan vitamin D kamu tidak perlu repot-repot untuk membeli makanan atau minuman, karena sinar matahari juga sudah mengandung vitamin D yang baik untuk tubuh kamu.

Vitamin D juga terdapat pada ikan tuna, susu, kuning telur, hati sapi, dan suplemen vitamin D.

Konsumsi Minuman Basa

Minuman basa akan menetralkan zat asam yang ada di dalam mulut dan gigi. Minuman basa dapat mendukung pertumbuhan gigi dan tulang. Air basa ber pH 8, kamu bisa mendapatkannya pada susu kedelai, susu almond, dan jus buah.

Hindari Makanan Ini

Banyak makanan bisa menyebabkan gigi berlubang. Kamu wajib menghindarinya jika tidak ingin gigi berlubang. Contoh makanan yang harus kamu hindari adalah makanan cepat saji. serta makanan yang banyak mengandung gula dan karbohidrat tinggi.

Menambal Gigi

Perawatan ini akan dilakukan jika kerusakan tidak begitu parah. Gigi yang bolong parah akan susah untuk diatasi. Dokter akan merekomendasikan untuk menambal gigi yang bolong. Jenis-jenis tambal gigi banyak jenisnya yaitu, perak, emas, dan resin komposit.

Itulah tadi cara merawat gigi berlubang yang bisa kamu lakukan. Cegah gigi berlubang dengan cara merawat gigi secara teratur dan rutin lah memeriksakan kesehatan gigi setiap 6 bulan sekali.

Nah, ada baiknya kamu juga menjaga kesehatan gigi sejak dini ya FDCiers! Jangan lupa untuk memeriksakan gigi kamu paling tidak 6 bulan sekaliKlinik gigi, ya FDC. Klik disini untuk info lebih lanjut. Kepoin Instagramnya juga untuk info promo lainnya.

Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *