Apa Sih Perbedaan Veneer dan Tambal Gigi?

Hei FDCiers….. sudah tahu belum, apa sih perbedaan vener dan tambal gigi?

Beberapa orang pasti ada yang pernah mengalami masalah gigi berlubang, mengalami kerusakan gigi atau bahkan ada yang sampai giginya patah. Beruntungnya, saat ini teknologi kedokteran gigi sudah semakin maju, bahkan ada perawatan gigi estetik yang bernama Veneer. Apa kalian sudah pernah mendengar istilah ini?

Perawatan ini merupakan salah satu perawatan gigi estetik dengan cara melapisi permukaan gigi depan dengan bahan tertentu. Perawatan ini bisa dikerjakan dengan dua teknik. Teknik Direct dan Indirect.

Dalam teknik direct, proses melapisi giginya bisa langsung dikerjakan dalam satu kali kunjungan. Karena dokter langsung merekatkan bahan veneernya langsung di permukaan gigi, setelah dilakukan pengasahan gigi sebelumnya. Sementara teknik indirect, dibutuhkan dua kali kunjungan. Di mana kunjungan pertama dokter akan mencetak gigi untuk dibuatkan veneernya di lab. Barulah dikunjungan kedua baru bisa memasang veneernya.

Namun sayangnya Karena harganya yang cukup tinggi, perawatan ini hanya dikenal di masyarakat dengan penghasilan menengah ke atas. Sementara menengah ke bawah mungkin hanya mengenal istilah Tambal Gigi.

Tapi…… sebenarnya kedua istilah ini punya perbedaan enggak sih?

Perbedaan Veneer dan Tambal Gigi

Dari pengertiannya, tambal gigi merupakan tindakan yang dilakukan untuk melapisi gigi berlubang dengan bahan tambalan gigi yang sesuai dengan jaringan gigi atau bahan tertentu, agar tidak berlubang lebih besar.

Tambal Gigi

Sementara Veneer ini, merupakan perawatan gigi estetik dengan melapisi permukaan gigi depan dengan bahan tertentu, guna memperbaiki ataupun mempercantik tampilannya. Perawatan ini juga bisa dilakukan untuk mengubah bentuk dan warna pada gigi yang mengalami kerusakan, gompal atau patah.

Jika dari pengertian di atas bisa disimpulkan beberapa perbedaan kedua istilah tersebut?

Pertama, veneer biasanya dilakukan di depan permukaan gigi. Sementara Tambal dilakukan pada gigi berlubang yang kebanyakan ada pada gigi geraham.

Kedua, veneer cenderung dilakukan untuk memperbaiki penampilan agar lebih indah dan enak dipandang. Sementara Tambal dilakukan untuk memperbaiki fungsi gigi itu sendiri.

Ketiga, bahan veneer ada yang terbuat dari porselen. Sementara bahan tambal gigi tidak. Dengan bahan porselen ini, hasil veneer-nya bisa lebih sempurna menyerupai gigi asli dan lebih tahan lama.

Nah… itu dia sedikit perbedaan veneer dan tambal gigi. Kalau kamu….. saat ini sedang butuh perawatan apa,FDCiers?

Jangan lupa juga untuk konsultasikan kesehatan gigimu di FDC Dental Clinic, karena….. konsultasinya gratis lho! Untuk info lebih lanjut, sila klik di sini.

Baca Juga : Menarik, Veneer Ini Bisa Mengubah Senyuman

Baca Juga : Ingin Memutihkan Gigi Tapi Masih Bingung Caranya Gimana?

Referensi :

http://www.alodokter.com/senyum-cantik-dengan-veneer-gigi

https://www.docdoc.com/id/info/procedure/fillings

Posted

in

,

by

Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *