Perlukah Memasang Retainer Setelah Lepas Behel?

FDCiers, apakah saat ini kamu memakai behel? Apakah kamu sudah melihat perubahan susunan gigimu menjadi lebih rapi? FDCiers, meskipun susunan gigimu sudah menjadi lebih rapi, ada beberapa hal yang harus kamu perhatikan sebelum melepasnya lho!

Behel digunakan untuk meratakan gigi dan mendapatkan wajah yang lebih ideal. Sayangnya, terkadang karena proses pemasangannya yang kurang sempurna, gigi cenderung berpindah posisi setelah pelepasan behel. Gusi dan rahang membutuhkan waktu untuk menyesuaikan posisinya dengan posisi gigi. Jika gigi berpindah juga dibutuhkan waktu untuk terjadinya pembentukan tulang baru di tempat kosong karena gigi berpindah. Pembentukan tulang baru ini biasanya terjadi kurang lebih selama 6 bulan. Oleh karena itu dibutuhkan retainer untuk tetap menahan posisi gigi.

Jadi, Retainer itu apa?

Retainer adalah alat yang digunakan untuk mempertahankan posisi gigi setelah pelepasan behel. Retainer ada dua macam, yaitu yang cekat dan lepasan. Untuk retainer cekat biasanya terbuat dari kawat dan dipasang secara permanen pada gigi. Sementara lepasan adalah retainer yang bisa dilepas, dan ada dua jenis. Ada retainer yang terbuat dari bahan arklik-kawat dan clear retainer.

Jangan terlalu sering melepas-pakai retainer karena itu bisa membuat gigimu yang sudah rapi menjadi berantakan kembali.

Untuk pemasangan retainer tersebut kamu harus konsultasikan terlebih dahulu ke dokter gigi di mana kamu melakukan pemasangan behel sebelumnya atau ke dokter lain yang juga spesialis ortho. Biasanya lama pemakaian retainer setiap orang berbeda-beda, tergantung kondisi giginya. Pemakaian retainer paling cepat sekitar 6 bulan.

Selain itu, kamu juga harus konsisten pada saat memakai retainer. Meskipun kamu memakai retainer yang bisa dilepas, sebaiknya jangan terlalu sering melepas-pakai retainer-mu. Karena itu bisa membuat gigimu yang sudah rapi menjadi berantakan kembali. Kamu enggak mau kan semuanya menjadi sia-sia?

Nah, FDCiers~ itulah hal yang harus kamu perhatikan sebelum melepas behel. Kamu harus bisa mempertahankan posisi gigimu agar tetap menawan ya, FDCiers! Jangan lupa konsultasian masalah gigimu di klinik gigi yang unik, segar, dan terjangkau. Di mana lagi kalau bukan di FDC! Karena? Klinik gigi ya~~ FDC!!

https://www.docdoc.com/id/info/procedure/pemasangan-penahan-gigi

http://lifestyle.kompas.com/read/2012/11/05/09302738/gigi.berantakan.lagi.setelah.lepas.behel


Posted

in

,

by

Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *