Pernah Mengalami Sakit Tak Tertahankan saat Gigi Bungsu Tumbuh?

Gigi bungsu atau gigi molar ketiga biasa tumbuh dalam rentang umur 17-25 tahun. Saat gigi ini tumbuh biasanya kita akan merasakan rasa nyeri yang menyakitkan.

Apabila gigi ini tumbuh miring maka akan muncul gejala lain seperti bengkak, atau bahkan demam.

Terlebih jika gigi ini menusuk gusi, rasanya akan menjadi sangat nyeri. Gigi bungsu akan tumbuh di empat bagian rahang, yaitu kanan atas belakang, kiri atas belakang, kanan bawah belakang, dan kiri bawah belakang.

Tidak ada cara mencegah gigi ini untuk tidak tumbuh miring. Di karenakan pertumbuhan gigi ini bersifat alamiah dan tergantung benih giginya. Jika benihnya bagus maka gigi tersebut akan tumbuh lurus. Maka saat gigi ini tumbuh berpotensi sangat besar untuk sakit.

Baca Juga : Kira-kira Kapan ya Gigi Bungsu Harus Dicabut? – Drg. Cornita Ayu

Namun gigi ini tidak bisa muncul seperti gigi geraham yang lain karena memiliki pertumbuhan berbeda dengan yang lain, hal ini disebabkan oleh ruang yang tidak cukup di dalam rahang. Karena bentuk rahang manusia yang berbeda-beda, hal ini yang menyebabkan pertumbuhan gigi bungsu setiap orang juga berbeda, sering terhalang oleh gigi geraham lain yang sudah muncul jika rahang anda tidak memiliki ruang yang cukup.

Jika dibiarkan, gigi yang tumbuh ke samping bisa merusak gigi di sebelahnya, merusak tulang rahang, dan juga saraf. Tidak hanya itu, letaknya yang sulit dijangkau memudahkan makanan terperangkap dan membentuk plak.

Baca juga : Sakit Karena Gigi Bungsu? Segera Kunjungi Dokter Gigi !

Oleh sebab itu, jika gigi bungsu anda sudah mengalami komplikasi kesehatan, ada baiknya segera konsultasi ke dokter gigi untuk menentukan perawatan terbaik yang sesuai dengan kebutuhan anda. 

Nah ada baiknya anda menjaga kesehatan gigi sejak dini ya FDCiers. Jangan lupa untuk memeriksakan gigi paling tidak 6 bulan sekali di FDC Dental Clinic. Klinik gigi, ya FDC ^_^

Daftar Pustaka :

  • //hellosehat.com/hidup-sehat/gigi-mulut/gigi-bungsu-tumbuh-sakit/


Posted

in

,

by

Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *