9 Hal Wajib Diketahui Sebelum Pasang Behel Gigi

Memang ada syarat atau apa aja sih yang harus seseorang ketahui, sebelum pasang behel gigi?

Memiliki gigi yang rapi dan cantik merupakan dambaan bagi setiap wanita, begitu juga dengan kaum adam. Pasti semua ingin memiliki gigi rapi, salah satu cara yang paling pas adalah pasang behel gigi.

Biasanya pemasangan behel/kawat gigi dikarenakan susunan gigi yang tidak rapi, keadaan ini bisa juga membuat kamu susah mengunyah makanan dan pastinya menurunkan kepercayaan diri kamu.

Lebih parahnya dari kondisi gigi yang kurang rapih adalah rusaknya gigi, dan cedera pada otot otot rahang bahkan dapat mengubah bentuk wajah kamu dikemudian hari.

Walaupun alasan utama dari pemasangan behel gigi adalah untuk menunjang penampilan dengan kata lain meningkatkan kepercayaan diri kamu.

Namun dibaliknya ada segudang manfaat yang kamu akan dapat dari memasang behel gigi. Manfaat paling utama dari pemasangan behel gigi adalah untuk meningkatkan kesehatan gigi kamu.

Kondisi yang sering dialami orang-orang yang ingin pasang behel adalah sebagai berikut

  • Posisi gigi tidak normal biasanya gigi menumpuk satu sama lain ataupun terlalu renggang
  • Rahang atas atau gigi bagian atas lebih maju dari rahang bawah atau gigi bawah begitupun sebaliknya.

Proses pemasangan behel gigi akan memakan waktu yang sangat lama dalam pemasangannya, karena akan menjalani proses yang sangat Panjang mulai dari pengecekan gigi, serta dirontgen untuk benar-benar mengetahui kondisi gigi yang akan dipasang behel.

Dalam proses ini mungkin akan terasa sakit pada hari hari pertama setelah pemasangan behel, susah berbicara, terasa ngilu pada saat mengunyah makanan. Tetapi hal ini akan hilang dan kembali normal di beberapa hari kedepan, dan kamu hanya butuh penyesuaian dengan behel baru kamu.

Ada baiknya sebelum kamu memutuskan untuk memasang behel gigi, ketahui dulu 10 hal Wajib Diketahui Sebelum kamu Pasang Behel Gigi. Berikut akan dibahas semuanya diartikel ini. Selamat membaca.

1. Sebelum Pasang Behel Gigi, Kenali Dulu Bagian-Bagian Behel

Ada baiknya kamu kenali dulu seluruh bagian bagian dari behel. “ tak kenal maka tak sayang” pepatah itu bermakna kalau ingin melakukan sesuatu kita harus mengenalnya lebih baik lagi.

Bagian-bagian behel terdiri dari Bracket, Buccal tube, Archwire/kawat gigi, O-ring, Power chain, open and closed coil spring, Elastic inter-ach.

Banyak bukan bagian bagian behel yang akan dipasang pada gigi kamu, setelah mengenal bagian bagian behel kamu harus tau tujuan pemasangan behel itu sendiri.

2. Tujuan Pemasangan Behel

Kamu sudah mengetahui bagian dari behel gigi selanjutnya adalah kamu mengenal tujuan dari pemasangan gigi. Seperti yang sudah disinggung diatas pemasangan behel gigi bukan hanya untuk meningkatkan penampilan dan kepercayaan diri saja namun juga untuk kesehatan gigi kamu.

Selain itu kamu juga bisa lebih menyenangkan ketika mengunyah makanan, tidak lagi susah. Dan juga saat berbicara artikulasi kata yang keluar akan lebih jelas setelah pasang behel gigi. Itulah tujuan dari pemasangan behel. Selanjutnya adalah waktu atau umur yang tepat untuk pasang behel gigi.

3. Waktu atau Umur yang Tepat Untuk Pasang Behel Gigi

9 Hal Wajib Diketahui Sebelum Pasang Behel Gigi
Waktu yang Tepat

Pemasangan behel gigi biasanya dilakukan pada saat gigi gigi permanen sudah tumbuh, yaitu sekitar umur 12 tahun. Sebelum masuk usia 12 tahun, lebih tepatnya sekitar usia 7 tahun sudah bisa diketahui apakah ada gigi yang tidak sesuai susunannya atau tidak.

kamu bisa mengeceknya ke dokter gigi spesialis ortodonti untuk konsultasi dan pengecekan lebih lanjut. Karena diusia itu gigi gigi permanen mulai tumbuh. Dibanding dengan usia dewasa pemasangan behel gigi pada usia muda lebih cepat durasinya.

Untuk lama penggunaan behel gigi sendiri tergantung bagaimana kita beradaptasi biasanya selama 1,5 tahun sampai 3 tahun. Setelah itu akan dianjurkan mengenakan retainer, yang bertujuan agar gigi tetap pada posisinya dan tetap terlihat rapi. Jika kalian sudah yakin mari selanjutnya kita mengenal jenis jenis behel.

4. Jenis-Jenis Behel

10 hal yang wajib diketahui sebelum pasang behel selanjutnya adalah mengetahui jenis-jenis behel itu sendiri. Setelah diawal tadi kita mengenal bagian-bagian behel, sekarang jenis jenisnya, kamu bisa memilihnya sesuai dengan keinginan dan kebutuhan kamu pastinya. Semua ada kekurangan dan kelebihannya masing-masing. Berikut jenis-jenis behel yang bisa kamu pilih:

  • Behel Metal

Merupakan behel yang paling umum digunakan, karena dari bentuk karet yang elastis serta dapat dikombinasi dengan warna yang menarik menjadikannya daya tarik tersendiri.

Dapat digunakan dalam kasus yang ringan maupun sulit. Kekurangan dari behel jenis ini adalah memerlukan perawatan yang ekstra dan juga harus sering-sering control, karena pemakaian karet yang tidak bisa berjalan lama.

  • Behel Transparan

Bagi kalian yang masih malu untuk memakai behel tapi sudah tidak tahan lagi dengan bentuk gigi kamu yang kurang rapi, kamu bisa mencoba behel jenis ini. Behel ini berbahan dasar ceramic atau sapphire.

Kekurangan dari behel ini adalah kekuatannya tidak sekuat behel dengan bahan dasar metal, dan tidak bisa digunakan dalam kasus yang berat. Walaupun sama menggunakan karet namun berbeda warna untuk behel ini berwarna putih atau transparan.

  • Behel Lepasan

Behel jenis ini hanya bisa digunakan dalam kasus yang ringan saja, dan tentunya juga harus sesuai rekomendasi dokter gigi. Bukan behel lepasan yang dijual secara bebas di depan sekolah ya.

  • Behel Damon

Ini merupakan behel yang paling modern dalam proses pemasangannya, pemasangan behel tidak terlalu sakit beda dengan bahan lainnya hal ini dikarenakan behel damon tidak menggunakan karet elastis, dan terdapat juga behel damon yang transparan.

Dan masih banyak lagi jenis behel yang bisa kamu aplikasikan pada gigi kamu, dan ingat sebaiknya konsultasikan dulu pada dokter gigi kamu sebelum pemasangan behel. Karena untuk mengurangi resiko pada saat pemasangan behel nantinya.

5. Perawatan Behel

Setelah behel terpasang bukan berarti sudah selesai begitu saja prosesnya, kamu juga harus rutin merawatnya. Seperti apa si merawat behel itu?? Bagaimana si merawat behel gigi yang benar??

  • Konsultasi

Yang harus dilakukan pertama adalah perawatan oleh dokter mulai dari rontgen sampai rencana perawatan apa yang akan dilakukan nanti. Pasien akan berkonsultasi sama dokter terlebih dahulu, khusus di FDC Dental Clinic konsultasi gratis!!.

  • Pemasangan Behel

Setelah selesai dalam proses konsultasi, selanjutnya adalah pemasangan behel proses ini memakan waktu sekitar kurang lebih 2jam pengerjaan. Tergantung kondisi gigi kamu.

  • Kontrol Rutin

Kamu wajib control rutin ke dokter gigi dalam frekuensi kontrol yang berbeda sesuai dengan jenis dan bahan yang digunakan. Dalam tahap ini dokter akan mengecek keadaan gigi serta mengganti karet dan kawat behel.

  • Paska Perwatan

Tahap ini merupakan tahapan untuk melepas behel gigi dan digantikan dengan penggunaan retainer. Hal itu bisa dilakukan pada saat semuanya berjalan dengan keinginan dari pasien dan dokter. Retainer berguna agar gigi tetap pada posisinya, hal ini biasanya dilakukan selama 2 kali perawatan.

6. Jenis Behel Yang Cocok Dengan Kondisi Gigi Kamu

9 Hal Wajib Diketahui Sebelum Pasang Behel Gigi

Jenis Behel Yang Cocok

Kondisi gigi setiap orang pasti berbeda dalam setiap kasusnya. Maka dari itu kamu wajib ketahui dulu behel mana yang cocok dengan gigi kamu.

  • Gigi Bertumpuk

Untuk kasus ini cocok menggunakan behel berbahan dasar Metal, Transparan, Damon Metal.

  • Gigi Gingsul

Untuk kasus ini cocok menggunakan Behel berbahan dasar Metal, Damon Metal, Damon Clear.

  • Gigi Renggang

Untuk kasus ini cocok menggunakan Behel berbahan dasar Metal, Transparan, Damon Metal, Damon Transparan.

7. Efek Samping Pasang Behel

Point yang satu ini wajib kamu ketahui sebelum benar-benar kamu memutuskan memasang behel. Jangan sampai kamu menyesal dikemudian hari karena kurangnya informasi mengenai efek samping pemasangan gigi.

Efek samping yang paling umum adalah timbulnya rasa sakit pada saat pemasangan dan setelahnya yang membutuhkan adaptasi dari diri kita sendiri.

Rasa sakit bisa diatasi dengan konsumsi obat yang telah diberikan dokter untuk meredakan rasa sakit akibat pasang behel. Dan berangsur angsur akan pulih kembali serta kamu terbiasa dalam penggunaan behel.

Semua akan terbayar lunas dengan hasil yang nantinya kamu dapatkan, yaitu bentuk gigi rapih dan juga senyum yang makin percaya diri.

8. Resiko Yang Timbul

Resiko ini akan bisa diminimalisir kalau kamu memasang behel gigi ke dokter gigi yang sudah berkompeten dalam bidangnya. Dan resiko yang paling fatal adalah bisa makin memperparah kondisi gigi kamu. Maka dari itu jangan sampai salah memilih dokter gigi.

9 Hal Wajib Diketahui Sebelum Pasang Behel Gigi

Resiko Yang Timbul

9. Sebelum Pasang Behel Gigi, Ketahui Harga Perawatannya

Banyak dari kalian pasti yang udah bertanya tanya mengenai harga dari pasang behel, atau bahkan hanya scrool ke bawah dan berhenti disini. Untuk harga pemasangan behel gigi bervariasi tergantung dari bahan apa yang kamu pilih.

Harga pemasangan behel gigi terjangkau hanya ada di FDC Dental Clinic kamu bisa mendapatkan promo besar besaran saat melakukan perawatan di FDC Dental Clinic.

Itulah yang mesti seseorang ketahui sebelum pasang behel gigi. Jadi jangan sampai salah lagi ya kalau ingin pasang behel gigi. Lebih baik konsultasikan dulu ke ahlihnya sebelum memutuskan memasang behel gigi. Terima Kasih.


Posted

in

by

Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *