Mengenal Lebih Jauh Sejarah dan Juga Manfaat Gigi Palsu

Sejarah dan manfaat gigi palsu – Gigi palsu adalah solusi yang bisa digunakan untuk menggantikan gigi asli yang telah copot. Perawatan ini banyak dilakukan oleh mereka yang telah berusia lanjut.

Gigi dapat copot karena beberapa faktor, contohnya adalah faktor usia. Selain faktor usia gigi dapat copot juga karena faktor kebersihan gigi yang tidak dijaga dengan baik.

Gigi palsu akan menggantikan gigi dan juga jaringan pendukung gigi lainnya secara lengkap. Bahan pembuatan gigi palsu bisa berupa akrilik, logam, dan juga nilon.

Baca juga: Tips meningkatkan percaya diri dari dokter gigi

Kehilangan gigi akan berdampak pada ketidak nyamanan kamu pada saat makanan. Gigi yang ompong juga bisa mempengaruhi suara kamu saat berbiacara.

Ada dua jenis gigi palsu yang bisa dipilih, diantaranya adalah gigi palsu sebagian dan juga gigi palsu lengkap. Gigi palsu sebagian dapat digunakan disalah bagian gigi yang copot ataupun ompong.

Sedangkan gigi palsu lengkap digunakan pada seluruh bagian gigi. Biasanya yang menggunakan jenis gigi ini adalah orang tua yang sudah kehilangan semua giginya.

Penyebab yang biasanya dapat mengakibatkan gigi copot selain dari usia dan kesehatan yang tidak terjaga. Bisa juga akibat kecelakaan ataupun olahraga yang berpotensi untuk kontak dengan lawan langsung.

Usahakan saat sedang berolahraga yang memiliki potensi untuk membuat gigi kamu copot, gunakanlah pelindung gigi.

Pastikan selalu kesehatan gigi kamu terjaga dengan baik. Lakukanlah sikat gigi setiap hari sebanyak dua kali sehari. Selain itu kamu juga harus rutin untuk memeriksakan kesehatan gigi secara rutin ke klinik gigi setiap 6 bulan sekali.

Sejarah Gigi Palsu

Mengenal Lebih Jauh Sejarah dan Juga Manfaat Gigi Palsu

gigi palsu yang kita kenal sekarang ini sudah dikenal sejak lama yaitu sejak 700 SM. Pada saat ini gigi palsu masih terbuat dari gading dan juga tulang belulang hewan yang dianggap kuat, kemudian diikat menggunakan kawat emas.

Semakin berkembangnya jaman, gigi palsu mulai terbuat dari perak, emas, dan juga batu akik. Pada saat ini juga digunakan gigi orang yang sudah mati untuk menggantikan gigi yang ompong. Gigi palsu yang nyaman baru tercipta tahun 1839 oleh Nelson Goodyear.

Manfaat Gigi Palsu

Ada beberapa manfaat yang akan kamu dapatkan ketika kamu menggunakan gigi palsu untuk menggantikan gigi yang copot.

Untuk kesehatan

Penggunaan gigi palsu akan membuat rongga gigi tertutup dengan sempurna. Akibat yang ditimbulkan oleh rongga pada gigi adalah bakteri yang dapat bertumpuk.

Jika bakteri sudah bertumpuk, maka akan menyebabkan masalah lain yang dapat menyerang kesehatan rongga mulut kamu.

Mengunyah makanan lebih enak

Berkat adanya teknologi gigi palsu ini, sudah tidak membuat khawatir para orang tua yang memiliki gigi ompong. Karena gigi ompong akan tidak bisa menikmati makanan yang lezat, namun berkat adanya gigi palsu.

Makanan yang lezat tadi bisa dinikmati dengan sangat menyenangkan. Bisa lagi untuk mengunyah makanan yang lezat dan nikmat, dan tidak perlu lagi mengonsumsi makanan yang membosankan.

Untuk kecantikan

Gigi palsu dapat mendukung bentuk wajah kamu, gigi palsu mampu memberikan bentuk asli dari pipi dan mulut, mengembalikan senyum Anda dan memberikan penampilan yang lebih muda.

Nah ada baiknya kamu menjaga kesehatan gigi sejak dini ya FDCiers. 

Jangan lupa untuk memeriksakan gigi kamu paling tidak 6 bulan sekali di FDC Dental Clinic.

Kepoin Websitnyanya juga untuk info promo lainnya. Lagi ada promo baru loh FDCiers, buruan liat Websitenya sebelum ketinggalan. Promo Terbatas!!


Posted

in

by

Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *