Ada Yang Tau Siapa Dokter Gigi Pertama Wanita?

Dokter gigi pertama – Sosok wanita merupakan sosok yang tidak bisa dianggap remeh, karena saat ini wanita sudah memiiliki banyak peran penting di berbagai aspek kehidupan.

Setelah adanya emansipasi wanita, wanita juga berhak memiliki derajat yang sama seperti laki-laki. Bahkan pada saat ini, khususnya di Indonesia, kita lebih banyak melihat dokter gigi wanita ketimbang yang pria kan?

Berhubung tanggal 8 Maret ini adalah hari perempuan internasional, maka kita akan sedikit kilas balik dan berkenalan dengan seorang perempuan hebat yang telah memberikan sumbangsih dalam dunia kedokteran gigi.

Ada Yang Tau Siapa Dokter Gigi Pertama Wanita?
Lucy Hobbs Taylor. Foto : Wikipedia

Apakah kamu mengenal Lucy Hobbs Taylor?

Dokter Gigi Pertama

Lucy adalah wanita pertama yang lulus dengan gelar dokter dari kedokteran gigi. Ia lahir pada 14 Maret 1833 di Constable, N.Y, dan merupakan anak ke-7 dari 10 bersaudara.

Awalnya bisa dibilang hidupnya kurang beruntung, karena kedua orang tuanya meninggal. Sementara ia harus bekerja dengan menjadi penjahit, untuk membantu kehidupan keluarganya.

Namun karena dia sangat haus akan ilmu pengetahuan, pada tahun 1849 dia pindah ke Michigan dan menjadi seorang guru setelah menyelesaikan studinya di Franklin Academy di Malone, N.Y.

Setelah 10 tahun menjadi seorang guru, dia merasa kurang puas dan lebih tertarik dengan dunia medis. Namun karena pada saat itu wanita dianggap tidak pantas untuk bekerja dalam bidang medis, maka ia pun ditolak.

Sebagai gantinya dia mempelajari ketertarikan barunya tersebut secara diam-diam dengan bantuan seseorang, yang merasa kalau Lucy memiliki bakat dalam kedokteran gigi.

Pendidikan Lucy

Lucy beralih jurusan ke kedokteran gigi, dan dia belajar di bawah bimbingan dekan dari Ohio College of Dental Surgery, dan magang di sebuah sekolah pasca sarjana, Dr. Samuel Wardie. Selanjutnya dia mendafatar di sebuah kedokteran gigi namun ia ditolak hanya karena ia seorang perempuan.

Sebagai balasannya, ia membuka klinik gigi sendiri pada tahun 1861. Klinik gigi nya dengan mudah dan cepat meraih kepopuleran.  Dan pada tahun 1862, ia memindahkan klinik gigi miliknya ke daerah Lowa, dan bergabung dengan Lowa State Dental Society. 

Berkat reputasinya sebagai dokter gigi, akhirnya Ohio College mengizinkan wanita untuk mendaftar di sekolah tersebut.

Sehingga Lucy pun dapat diresmikan menjadi lulusan dokter gigi wanita pertama dari universitas tersebut. Beberapa bulan kemudian ia pindah ke Chicago, dan bertemu suaminya di sana. Mereka berdua pun menetap di Lawrence, dan membuka praktik di sana. 

Namun, pada tahun 1866, setelah suaminya meninggal ia tidak lagi menjadi dokter gigi. ia memutuskan untuk pensiun dan aktif melakukan pekerjaan alam serta melakukan kegiatan untuk mendukung dan membela hak-hak wanita.

Itulah sosok wanita hebat yang telah mampu dan membuktikan bahwa dirinya mampu menjadi dokter gigi dan wanita pertama yang lulus dari kedokteran gigi.

Jika FDCiers juga adalah seorang wanita, apa yang ingin kamu lakukan untuk membuktikan bahwa dunia kalau wanita pasti bisa. Apakah kamu juga punya cita-cita ingin menjadi dokter gigi? atau mau jadi contoh orang hebat lainnya?

Nah ada baiknya kamu menjaga kesehatan gigi sejak dini ya FDCiers.

Jangan lupa untuk memeriksakan gigi kamu paling tidak 6 bulan sekali di FDC Dental Clinic.

Kepoin Websitnyanya juga untuk info promo lainnya.
Lagi ada promo baru loh FDCiers, buruan liat Websitenya sebelum ketinggalan. Promo Terbatas!!

Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *