Bahaya! Jangan Sikat Gigi Setelah Makan

Jangan Sikat Gigi Setelah Makan – Kesehatan Gigi dan Mulut juga dapat mempengaruhi kesehatan organ tubuh lainnya.

Menyikat gigi merupakan hal yang sangat penting dilakukan untuk menjamin terjaga kesehatan organ tubuh lainnya. Gigi yang bersih dan terawat dapat mengurangi resiko penyakit seperti sinusitis.

Anjuran Menyikat Gigi

Anjuran untuk menggosok gigi setelah makan dan sebelum tidur sangat disarankan oleh para ahli kesehatan gigi dan mulut. Kebiasaan ini diharapkan agar bisa menjaga gigi agar tetap sehat dan kuat.

Tapi tahukah kamu menyikat gigi langsung setelah makan malah berbahaya dan merusak gigimu?

Baca juga : Yuk Cari Tau Tips Untuk Memilih Sikat Gigi yang Baik – Drg. Anugerah Pekerti

“Sikat gigi itu 15 atau 20 menit setelah makan, berikan dulu kesempatan kepada saliva (air liur) untuk membantu proses pencernaan karena alfa amilase dan enzim lainnya dilepaskan setelah makan,” kata Prof Melanie Sadono Djamil, Ketua Divisi Pendidikan dan Litbang PB Persatuan Dokter Gigi Indonesia (PDGI), saat ditemui di kawasan Senayan, Jakarta Selatan.

Dijelaskan Melanie, di dalam mulut terdapat saliva (air liur) yang bersifat buffer effect atau penyeimbang. Saat makan, pH normal saliva yang semula 6,8 akan turun hingga mencapai pH kritis, yaitu 4.

Bahaya! Jangan Sikat Gigi Setelah Makan
Menyikat Gigi Untuk Kesehatan Gigi dan Anggota Tubuh Lain

Pernyataan Dokter Gigi

Selain itu, para dokter gigi di Inggris menyatakan bahwa menyikat gigi dalam rentang waktu  kurang dari satu jam setelah makan bisa menyebabkan gigi lebih cepat keropos.

Ini karena zat asam yang ada pada makanan akan mulai membakar lapisan di bawah enamel gigi, yaitu dentin, langsung pada saat kamu selesai makan.

Nah, menyikat gigi pada saat-saat ini malah akan menyebabkan zat asam semakin masuk ke dalam dentin, dan mengeroposkan gigi lebih cepat dari waktu alaminya. Karena alasan yang sama juga kamu juga dilarang menyikat gigi langsung setelah minum kopi atau minuman beralkohol.

“Dengan menyikat gigi, sebetulnya kamu malah menekan zat asam dari makanan dan minuman yang baru saja Anda konsumsi semakin dalam memasuki enamel dan dentin gigi Anda.” ujar Dr. Howard R. Gamble, pimpinan dari the Academy of General Dentistry dalam sebuah interview dengan New York Times.

Baca juga : Ngeri !!! Inilah Akibat Jika Malas Mengganti Sikat Gigi

Kita disarankan untuk menunggu paling tidak 30 menit setelah makan. Sepanjang waktu ini gigi akan membentuk perlindungan alaminya sehingga zat asam yang memasuki dentin tidak akan terpengaruh oleh kegiatan menyikat gigi.

Sebaiknya selalu berkumur dengan air putih matang setiap kali selesai makan. Hal ini bisa mempercepat pH saliva dalam mulut kembali normal, sehingga tidak sempat melemahkan email gigi.

Semoga informasi ini bermanfaat untuk kalian ya, dan jangan lupa periksa gigi setiap 6 bulan sekali, tentunya di FDC Dental Clinic.

Sumber: https://www.vemale.com/kesehatan/120116-menyikat-gigi-langsung-setelah-makan-malah-berbahaya-lho-ladies.html

Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *