Ssttt … Jangan Salah Kaprah Soal Perbedaan Plak dan Tartar – FDC Dental Clinic

Sisa-sisa makanan yang menempel di gigi ternyata akan menimbulkan karang gigi yang mengganggu. Nah di dalam karang gigi tersebut, ada komponen yang bernama plak dan tartar. Ternyata banyak persepsi yang salah mengenai plak dan tartar. Sekalipun keduanya adalah gangguan gigi yang saling berhubungan namun ternyata berbeda.

Nah ternyata plak tercipta saat kamu tidak rajin menggosok gigi setiap harinya. Plak berbentuk lapisan yang tak terlihat pada gigi dan gusi yang timbul oleh bakteri di dalam mulut, kemudian secara perlahan membentuk sebuah lapisan berwarna keputihan ataupun kekuningan pada permukaan. Asam dari plak dapat segera menyerang gigi setelah makan sehingga bisa menembus enamel dan menyebabkan gigi berlubang. Jika dibiarkan plak dapat menyebabkan gusi merah, gusi bengkak, gusi berdarah saat menggosok gigi bahkan yang paling parah dapat menyebabkan resesi gusi. Namun, tenang saja kalau ternyata plak masih bisa dihilangkan dengan menyikat gigi dengan lembur secara teratur, flossing dan juga berkumur dengan mouthwash.

Plak berbentuk lapisan yang tak terlihat pada gigi dan gusi yang timbul oleh bakteri di dalam mulut.

Sedangkan tartar tercipta dari plak gigi yang mengeras dan tidak dibersihkan. Pada dasarnya tartar adalah plak yang tidak dapat diobati dan memburuk lalu berubah menjadi permukaan keras di gigi. Tartar berbentuk keras, berkerak dan keropos. Biasanya warna kuning ataupun kecoklatan akan muncul di sepanjang gusi akibat dari pembentukan tartar tersebut. Penumpukan tartar dapat menyebabkan gigi berlubang, gigi rusak, gigi tanggal dan juga penyakit gusi. Nantinya tartar akan terus tumbuh jika tidak dibersihkan sehingga membahayakan untuk kesehatan gigi. Penanganan lebih lanjut dari tartar hanya bisa dibersihkan di dokter gigi dan dengan peralatan medisnya.

Kandungan bakteri yang terdapat di dalam plak dan tartar akan memecah sisa makanan di mulut dan memproduksi asam yang dapat menyerang struktur gigi. Secara tidak langsung, plak dan tartar bisa menyebakan bau mulut akibat dari aktivitas bakteri yang berlebihan.  Nah ada baiknya kamu menjaga kesehatan gigi kamu sejak dini ya FDCiers. Jangan lupa untuk memeriksakan gigi kamu paling tidak 6 bulan sekali di FDC Dental Clinic. Klinik gigi, ya FDC ^_^

Sumber Referensi:

  • https://www.listerine.co.id/gigi-berlubang-gigi-kuat/pertanyaan-umum#vs
  • http://zact.id/plak-tartar.html

Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *