6 Tips Berpuasa Sehat yang Wajib Kamu Terapkan

Tips berpuasa sehat, untuk kamu yang sedang menjalani ibadah puasa harus tetap sehat untuk menjalani aktifitas setiap harinya.

Puasa jika dijalani dengan benar maka akan mendapatkan manfaat yang sangat luar biasa bagi tumbuh kamu.

Banyak yang beralasan untuk bermalas-malasan saat sedang puasa, banyak yang lesu, lemas, dan juga ngantuk saat menjalankan puasa. Hal ini dikarenakan kebiasaan yang buruk saat menjalani ibadah puasa.

Banyak faktor yang mengakibatkan kamu jadi lebih mudah ngantuk ketika sedang berpuasa. Faktor tersebut adalah, kurangnya makan buah serta sayur, dan juga terlalu banyak ketika makan sahur dan berbuka puasa.

Saat bulan puasa banyak yang memilih untuk tidur, hal ini juga mengakibatkan kamu menjadi mudah lelah.

Untuk menghindari kebiasaan buruk tersebut kamu harus mengikuti 10 Tips Berpuasa Sehat berikut ini.

Serta jangan lupa untuk tidak mengonsumsi makanan berlebih saat berbuka puasa maupun saat makan sahur. Ingat yang berlebihan itu tidak baik.

Baca juga: Tips menjaga kesehatan gigi saat puasa

Tips Berpuasa Sehat

1. Pilih makanan yang sehat

6 Tips Berpuasa Sehat yang Wajib Kamu Terapkan

Tips yang pertama adalah kamu harus mengonsumsi makanan yang sehat selama puasa. Tidak hanya saat puasa saja setiap haripun kamu wajib mengonsumsi makanan yang sehat.

Saat sedang berpuasa kamu dianjurkan untuk mengonsumsi makanan yang sehat dan juga bergizi. Makanan yang bisa kamu adalah buah dan sayuran, kamu bisa pilih sesuai yang kamu suka.

2. Minum cukup air

6-Tips-Berpuasa-Sehat-yang-Wajib-Kamu-Terapkan

Lebih dari tubuh kita adalah 50%nya air, sehingga kita butuh mengonsumsi air putih dalam jumlah yang banyak dalam sehari. Jumlah yang harus dikonsumsi dalam sehari adalah 8 gelas sehari, atau jika dalam ukuran liter sama dengan 2 liter.

3. Pola makan sahur

6-Tips-Berpuasa-Sehat-yang-Wajib-Kamu-Terapkan

Disaat bersahur, makanlah buah-buahan untuk vitamin dan sumber karbohidrat seperti nasi dan ubi-ubian yang dapat bertahan sampai berbuka puasa. Usahakan untuk bersantap sahur mendekati saat imsak, dan jangan juga berlebihan saat bersantap sahur.

4. Pola makan saat berbuka

6-Tips-Berpuasa-Sehat-yang-Wajib-Kamu-Terapkan

Sebaik saat berbuka puasa jangan mengonsumsi minuman dingin, sebaiknya mengonsumsi minuman yang hangat. Konsumsilah makanan yang ringan terlebih dahulu jangan langsung konsumsi makanan yang berat.

Untuk kamu yang berat badannya melebihi berat badan ideal, sebaiknya selama berpuasa pun tetap menghindari makanan yang tinggi kolesterolnya, misalnya lemak hewan, margarin, mentega.

5. Tetap makan 3x sehari

6-Tips-Berpuasa-Sehat-yang-Wajib-Kamu-Terapkan

Meskipun puasa dimulai dari matahari terbit sampai terbenam, sebaiknya Anda tetap makan tiga kali sehari, yang pertama saat bersahur, yang kedua saat berbuka dan yang ketiga sekitar 2 atau 3 jam setelah berbuka.

Untuk menjaga gizi tubuh anda, dan juga untuk menjaga kebugaran tubuh saat sedang menjalankan puasa.

6. Cara mengolah makanan

6-Tips-Berpuasa-Sehat-yang-Wajib-Kamu-Terapkan

Kurangin makanan yang disajikan dengan cara digoreng, pilihlah yang dipanggang ataupun dibakar. Makanan yang digoreng merupakan salah satu makanan yang tidak dianjurkan oleh dokter untuk dikonsumsi dalam jangka waktu yang lama.

Itulah tadi tips menjalankan puasa sehat, jangan lupa berpuasa itu menyehatkan untuk tubuh. Banyak pakar diet dunia menganjurkan untuk berpuasa jika ingin menurunkan berat badan. Selain itu kamu juga harus jaga asupan pola makan selama menjalankan ibadah puasa

Jangan sampai kamu malah mengalami kelelahan saat sedang berpuasa, karena tidak mengonsumsi makanan yang sehat, dan juga tidak mengatur pola makan.

Yang banyak dilakukan oleh sebagian orang saat berpuasa adalah makan banyak saat berbuka puasa. Hal ini merupakan salah paham, karena pada saat berbuka sebaiknya kamu makan dengan cukup lalu setelah dua jam setelah baru makan yang berat, seperti makan nasi dan juga lauk pauknya.

Jangan lupa selalu periksa kesehatan kamu ke dokter, jangan tunggu sampai sakit baru kamu periksa ke dokter. Selamat Menjalankan Ibadah Puasa.


Posted

in

,

by

Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *