Tips Memilih Pasta Gigi untuk Si Kecil

Kesehatan gigi pada usia dini sangat penting karena merupakan salah satu unsur utama sebagai penunjang untuk mendukung kesehatan umum.

Apabila gigi sakit maka anak sulit atau tidak mau makan, berarti asupan gizi kurang atau terganggu selanjutnya dapat mengganggu pertumbuhan dan perkembangannya.

Salah satu cara meningkatkan kesehatan gigi adalah memelihara kebersihan gigi dan mulut.

Tips Memilih Pasta Gigi untuk Si Kecil
Ajak Anak Untuk Merawat Kesehatan Gigi Sejak Dini

Orang tua sebagian besar beranggapan bahwa geligi anak tidak penting, karena hanya bersifat sementara dan akan diganti oleh geligi tetap, sehingga mereka tidak memperhatikan mengenai kebersihan geliginya. Kondisi gigi anak akan mempengaruhi dan menentukan kondisi gigi dewasa.

Baca Juga : Yuk Cari Tau Tips Untuk Memilih Sikat Gigi yang Baik – Drg. Anugerah Pekerti

Menyikat gigi menggunakan pasta gigi dianjurkan dua kali sehari, yaitu sesudah makan dan sebelum tidur. Jenis pasta gigi yang digunakan merupakan salah satu faktor yang berperan di dalamnya.

Fungsi Pasta Gigi

Karena pasta gigi berfungsi untuk mengurangi pembentukan plak, memperkuat gigi terhadap karies, membersihkan dan memoles permukaan gigi, menghilangkan atau mengurangi bau mulut, memberikan rasa segar pada mulut serta memelihara kesehatan gingiva.

Pasta gigi adalah produk oral yang digunakan untuk membersihkan gigi dari sisa makanan, menghilangkan plak dan bau mulut serta memperindah penampilan estetik gigi.

Pada masa lalu, penggunaan pasta gigi terbatas hanya sebagai kosmetik. Tetapi dalam beberapa tahun terakhir ini, banyak dibuat pasta gigi yang mempunyai efek untuk mengobati penyakit mulut dan mencegah karies gigi.

Tips Memilih Pasta Gigi untuk Si Kecil
Pasta Gigi

Produsen pasta gigi telah menawarkan promosi gencar melalui media cetak maupun elektronik. Berbagai macam nama dagang dengan keunggulan yang ditonjolkan, mulai dari mengandalkan merk, kemasan yang menarik, harga rendah, dan berkualitas.

Pada prinsipnya semua promosi produk pasta gigi semua mengaku yang terbaik. Hal tersebut mengharuskan konsumen terutama orang tua berhati-hati dan teliti dalam memilih pasta gigi yang tepat untuk anak, utamanya anak usia dini, karena pada usia anak-anak tersebut belum bisa memelihara kesehatan gigi dan mulutnya secara mandiri.

Ketelitian tersebut didasarkan pada pemikiran bahwa ada beberapa komponen pasta gigi yang tidak boleh tertelan dalam jumlah yang melampaui batas toleransi tubuh, karena dapat mengakibatkan efek samping negatif, contohnya adalah komponen Fluoride dan Sodium Lauril Sulfat.

Pertimbangan kriteria pemilihan pasta gigi yang diperlukan untuk anak, variasi produk pasta gigi yang terdapat di pasaran dan efek samping yang mungkin timbul dari penggunaan pasta gigi tersebut.

Tips Memilih Pasta Gigi untuk Si Kecil

Berikut kesimpulan dalam memilih pasta gigi untuk anak:

  1. Jenis pasta gigi harus sesuai dengan usia anak. Pastikan bahwa pasta gigi tersebut tercantum penandaan untuk anak-anak.
  2. Perhatikan komposisi penyusun pasta gigi anak sebisa mungkin tidak melebihi batas yang diijinkan standart nasional indonesia.
  3. Perhatikan apabila pasta gigi tersebut disukai anak-anak tetapi kadar fluoride melebihi SNI, maka sebaiknya perhatikan jumlah pemakaian dan harus dalam pengawasan dan pemakaian dalam jumlah yang sedikit. Mendahulukan aspek keamanan pemakaian untuk kesehatan dibanding kesukaan ataupun kemasan yang menarik
  4. Apabila asupan fluoride dari air minum, makanan atau sumber air pada daerah tempat tinggal kandungan fluoride cukup tinggi maka pilihlah pasta gigi dengan kadar fluoride rendah.
  5. Apabila sumber air konsumsi pada daerah tempat tinggal tingkat keasamannya rendah maka gunakan pasta gigi dengan kandungan fluoride yng lebih tinggi.
  6. Pengawasan dan pembimbingan dalam pemakaian pasta gigi pada waktu mengosok gigi agar tidak tertelan.

Nah ada baiknya kamu menjaga kesehatan gigi kamu sejak dini ya FDCiers. Jangan lupa untuk memeriksakan gigi kamu paling tidak 6 bulan sekali di FDC Dental Clinic. Klinik gigi, ya FDC.

Baca Juga :Yuk Intip Tips Cara Merawat Gigi Anak! – Drg. Azzyati Putri

Sumber Referensi:

  • Badan Standarisasi Nasional BSN. Pasta Gigi Anak. SNI 16-4767-1988. [on line] http//www.pustan.bpkimi.kemenperi n.go.id. [ 13 Desember 2011]
  • Citra LW, Benny MS, Fadli J. Effectiveness of herbal and non-herbal toothpastes in reducing dental plaque accumulation. Journal of Dentistry Indonesia. 2012;19(3):70-4.
  • Dentamedia, Kadar Fluor Pasta Gigi untuk Anak di Indonesia Membahayakan. PDGI on line. www.pdgi-online.com. 13-maret 2012.
  • Eliza H, Tati SI, Sri A. Pendidikan kesehatan Gigi. Jakarta: EGC, 2012; p. 118.
  • Inne SS, Arleta SPP, Musttaqin H. Gambaran efek pasta gigi yang mengandung herbal terhadap penurunan indeks plak. Bandung: FKG Unpad, 2013.

Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *