7 Tips Merawat Gigi Yang Dibehel Agar Tidak Kuning


Tahukah Anda tips merawat gigi yang dibehel? Perawatan untuk pemakaian behel harus lebih intensif. Jika malas menggosok dan membersihkan gigi akan mempengaruhi kesehatan gigi dan mulut.

Pertama akan terbentuk plak gigi dan penuh dengan bakteri, gigi pun akan menjadi kuning. Selanjutnya akan menjadi tartar (karies) yang berwarna hitam. Tentunya anda tidak mau ya kan?

Tips Merawat Gigi yang Dibehel Agar Tidak Kuning

1. Hindari makanan bertekstur keras

Bila anda mengunyah makanan yang keras dan sulit dihancurkan oleh gigi akan mengakibatkan kawat behel terlepas, bergeser atau bahkan merusak gusi karena singgungan kawat yang dipasang.

Makanan-makanan bertekstur keras harus dijauhi. Malah terkadang bagi gigi dengan sela-sela lebih lebar menimbulkan masalah baru yaitu banyaknya makanan yang terselip dan membuat gusi berlubang.

Anda harus menahan mengkonsumsi makanan bertekstur keras sampai keadaan gigi siap setelah behel gigi sudah dapat dilepas.

2. Hindari makanan lengket dan meninggalkan remah-remah

Makanan yang terlalu lengket dapat menyelinap ke dalam sela-sela gigi dan kawat. Hal ini tentu akan meninggalkan sisa makanan pada gigi yang justru dapat memicu timbulnya kuman dan mengakibatkan pengeroposan gigi.

Selain itu makanan yang memiliki remah-remah ketika dikunyah seperti kacang, cokelat,karamel, kerupuk usahakan sehabis makan langsung kumur-kumur atau gosok gigi agar tidak ada sisa makanan tertinggal di sela-sela gigi atau kawat behel.

Baca Juga: Pantangan Bagi Kamu Si Pemakai Behel Gigi

3. Sikat gigi teratur

7 Tips Merawat Gigi Yang di Behel Agar Tidak Kuning
Rutin Sikat Gigi Untuk Menjaga Tetap Sehat

Usahakan gosok gigi dengan perlahan dan hati-hati karena ada benda non-gigi di seputar gigi yaitu kawat behel gigi. Cari sikat yang lembut agar dapat menyikat sampai ke sela-sela gigi, sela-sela kawat dan tidak menimbulkan rasa nyeri di gigi. Anda dapat menggunakan sikat gigi rekomendasi dokter gigi

4. Pasta Gigi

Gunakanlah pasta gigi sensitive atau pasta gigi khusus behel, pasta gigi ini akan membantu meringankan nyeri artistis pada gigi dan mencegah sariawan pada gusi. Karena kandungan yang terdapat pada pasta gigi orthodontic (khusus behel) dan pasta gigi biasa juga berbeda.

Pasta gigi sensitif mengandung kalium nitrat atau arginin yang bisa mengurangi sensivitas di gigi.Perlu diperhatikan juga untuk tidak memilih pasta gigi mengandung detergent yang dapat membahayakan gigi.

5. Gunakan obat kumur agar mulut dan gigi bersih.

Setelah anda memutuskan untuk memakai behel, maka anda juga harus ekstra membersihkan dan menjaga kesehatan mulut serta gigi. Salah satunya bisa dengan menggunakan obat kumur. Obat kumur membantu menjaga kebersihan mulut anda selain dengan gosok gigi

6. Gunakan benang gigi atau Dental floss

Benang gigi sering sekali disepelekan oleh pengguna behel, pada nyatanya peran benang gigi ini sangat penting. Benang gigi atau Dental floss dapat membantu membersihkan sisa sisa makanan disela sela gigi yang tidak dapat dijangkau oleh sikat gigi.

7. Kontrol rutin ke dokter

7 Tips Merawat Gigi Yang di Behel Agar Tidak Kuning

Kontrol rutin ke dokter

Rutinlah kontrol behel anda ke dokter gigi karena karet behel harus diganti secara rutin. Semakin rajin anda kontrol, maka semakin cepat juga proses gigi anda menjadi lebih baik.

Nah, ada baiknya kamu menjaga kesehatan gigi kamu sejak dini ya FDCiers. Jangan lupa untuk memeriksakan gigi kamu paling tidak 6 bulan sekali di FDC Dental Clinic. Klinik gigi, ya FDC.


Posted

in

, , ,

by

Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *