Inilah Tradisi Menghitamkan Gigi di Negara Jepang

Tradisi menghitamkan gigi – Banyak orang memiliki impian untuk memiliki gigi yang putih. Berawal dari gigi yang putih, kita bisa memiliki senyuman dengan penuh rasa percaya diri yang tinggi.

Berkat kemajuan teknologi dalam ilmu kedokteran gigi, memutihkan gigi bukan lagi hal yang sulit. Sehingga gigi yang putih bukan hanya mimpi.

Tradisi menghitamkan gigi

Namun, berbeda sekali dengan orang Jepang. Terutama untuk wanita Jepang yang hidup pada zaman dahulu. Bukannya memutihkan gigi, mereka justru mempunyai tradisi untuk menghitamkan gigi.

Sejak zaman kofun pada para wanita Jepang, terutama dari kalangan kerajaan dan bangsawan, memiliki tradisi untuk menghitamkan gigi yang disebut dengan tradisi ohaguro.

Mereka percaya tingkat kedewasaan mereka bisa diilihat dari seberapa hitam gigi mereka. Maka semakin hitam gigi mereka akan semakin dewasa, dan juga akan terlihat semakin cantik.

Berbanding terbalik dengan zaman sekarang ini, di mana putih selalu identik dengan cantik. Karenanya banyak orang yang berminat untuk memutihkan gigi.

Inilah Tradisi Menghitamkan Gigi
Tradisi Ohaguro ini dipercaya bermanfaat bagi kesehatan gigi. Yaitu untuk melindungi gigi dari kerusakan, seperti gigi berlubang. Foto : Kamera Budaya

Tradisi Ohaguro ini dipercaya bermanfaat bagi kesehatan gigi. Yaitu untuk melindungi gigi dari kerusakan, seperti gigi berlubang.

Bahan Menghitamkan Gigi

Cairan yang digunakan untuk tradisi Ohaguro terbuat dari asam asetat yang bernama Kanemizu. Cara membuatnya dengan mencampur asam asetat dengan 1,5 liter air hangat dan setengah cawan sake.

Campuran tersebut akan dimasukkanke dalam cetakan yang terbuat dari besi dan dipanaskan diatas api. Kemudian dibiarkan selama 5-6 hari. Setelah itu buih akan bermunculan. Buih-buih itulah yang akan disisihkan dan dimasukkan ke dalam cawan, untuk kemudian dihangatkan dekat api.

Cairan yang sudah dihangatkan itu akan dicampur dengan bubuk besi, dan bubuk buah tanaman dari pohon nurude. Campuran itulah yang kelak akan digunakan untuk mengoleskan gigi. apabila dioleskan secara rutin akan membuat gigi menjadi hitam permanen.

Seiring dengan berkembangnya zaman, lama-kelamaan tradisi ini pun dihapus. Tepatnya setelah zaman meiji dimulai, tradisi ini pun resmi dilarang.

Itulah sekilas tentang tradisi menghitamkan gigi yang pernah dilakukan wanita Jepang. Jika melihat pada masa sekarang ini, wanita Jepang bahkan tampil lebih cantik bukan karena giginya yang hitam. Tapi karena kulit putih serta gigi yang putih.

Kamu mau tampil dengan gigi putih dan kulit yang putih seperti layaknya wanita Jepang? Mudah saja! Kamu bisa memutihkan gigi milikmu dengan bahan-bahan alami yang mudah didapatkan. Seperti, kulit pisang, buah strawberry, keju, dll.

Jika kamu ingin memutihkan gigi dengan cara yang lebih cepat, kamu bisa memutihkan gigi dengan dental bleaching. Dapatkan bleaching dengan harga terjangkau dengan hasil yang memukau hanya di FDC Dental Clinic!

Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *