Inilah Waktu Terbaik Untuk Gosok Gigi Saat Puasa

Saat menjalani ibadah puasa, pasti banyak yang takut untuk gosok gigi. Menggosok gigi saat puasa sebetulnya boleh saja dilakukan, selama tidak tertelan.

Saat puasa kita memang tidak mengonsumsi makanan apapun. Tapi, bukan berarti kita tidak perlu gosok gigi. Karena kita harus jaga kesehatan gigi saat puasa, agar terhindar dari karang gigi.

Biasanya kita menggosok gigi dua kali sehari. Pagi setelah sarapan, dan malam sebelum tidur. Nah, pada saat puasa kasusnya berbeda.

Inilah Waktu Terbaik Untuk Gosok Gigi Saat Puasa
Ilustrasi menyikat gigi. Foto:Freepik.com

Waktu Terbaik Gosok Gigi Saat Puasa

Gosok gigi saat puasa bisa dilakukan sebelum tidur di waktu setelah berbuka, dan setelah makan sahur. Keduanya dilakukan pada saat kita bisa makan dan minum.

Jadi tidak ada alasan takut batal puasa. Karena banyak sekali orang yang beralasan puasa, sehingga malas gosok  gigi.

Saat menggosok gigi, berarti kita berupaya untuk menghilangkan plak dan sisa-sisa makanan. Jika mulut bersih dari plak dan bakteri, kita pun akan terhindar dari karang gigi.

Jika kamu sering malas gosok gigi saat puasa? Hmm, bisa bayangkan apa akibatnya? Kotoran sisa makanan saat berbuka dan sahur masih menempel di gigimu.

Lama-kelamaan menumpuk menjadi plak. Sampai mengeras menjadi karang gigi. Ih!!! Pasti kamu enggak mau kan?

Bayangkan lagi, kalau kamu nyimpen karang gigi sampai lebaran? Duuuuh.. bisa-bisa moment lebaran malah jadi terganggu.

Jadi, saat puasa jangan lupa gosok gigi juga! Ingat ya! Sebelum tidur dan sesudah sahur.

Nah, selain menggosok gigi, kamu juga bisa melakukan hal lain agar gigimu tetap sehat di bulan puasa. Juga bebas dari karang gigi.

Pertama, pastikan untuk menggosok seluruh bagian gigimu. Ada tiga bagian yang penting, permukaan bagian dalam, bagian luar dan permukaan gigi yang mengunyah.

Kedua, gunakan benang gigi. Kalau masih merasa kurang bersih dengan gosok gigi? kamu bisa membersihkan plak di sela gigimu dengan benang gigi. Kegiatan ini bermanfaat untuk mengurangi risiko gigi infeksi, bau mulut, dan menghilangkan plak.

Ketiga, gunakan obat kumur. Setelah menggosok gigi, kamu bisa berkumur dengan obat kumur yang mengandung fluoride. Terutama pada saat sahur, agar kondisi mulutmu terasa lebih segar.

Nah ada baiknya kamu menjaga kesehatan gigi sejak dini ya FDCiers.

Jangan lupa untuk memeriksakan gigi kamu paling tidak 6 bulan sekali di FDC Dental Clinic.

Kepoin Websitnyanya juga untuk info promo lainnya.
Lagi ada promo baru loh FDCiers, buruan liat Websitenya sebelum ketinggalan. Promo Terbatas!!

Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *