Waspada! Stress Dapat Memicu Gangguan Kesehatan Gigi dan Mulut – FDC Dental Clinic

Stress merupakan gangguan mental yang mempengaruhi emosi seseorang. Stress itu sendiri dapat kita temui pada siapa saja dan kapan saja. Pada saat stress itu muncul, daya tahan tubuh akan menurun dan secara tidak langsung dapat mempengaruhi kesehatan pada kesehatan gigi dan mulut kita.
FDC Dental Clinic
Waspada! Stress Dapat Memicu Gangguan Kesehatan Gigi dan Mulut – FDC Dental Clinic

Berikut ini gangguan kesehatan gigi dan mulut yang dapat terjadi pada saat stress :

  1. Mulut kering

Pada saat stress, seseorang akan lebih jarang menghasilkan air liur. Dampaknya, mulut kita akan jauh lebih kering. Pengendalian stress dan meminimalisir mulut yang kering dengan banyak meminum air putih dapat mengurangi gangguan mulut yang kering.

  1. Sariawan

Sariawan merupakan salah satu masalah yang sering kita jumpai. Tak disangka, sariawan dapat muncul saat seseorang mengalami stress. Suatu studi menunjukan bahwa stress akibat tekanan mental dan fisik dapat meningkatkan risiko munculnya sariawan secara berulang. Tekanan mental memiliki risiko yang lebih besar dalam memicu munculnya sariawan.  Jika anda mengalami masalah ini, ada baiknya untuk menghindari makanan asam dan pedas serta gunakan obat untuk sariawan.

  1. Gingivitis

Gingivitis merupakan gangguan yang dialami oleh gusi. Karena tubuh tidak dapat melawan bakteri yang ada di dalam mulut, gusi akan terkena infeksi. Biasanya gusi akan mengalami pembengkakan ataupun pendarahan meski efeknya hanya sementara

  1. Menggemeretakkan gigi

Menggemeretakkan gigi merupakan salah satu gangguan yang ditandai dengan perilaku menggesekkan dan menggemeretakkan gigi bagian atas dengan bagian bawah yang dilakukan tanpa disadari. Biasanya muncul sebagai gannguan tidur yan lebih mungkin terjadi pada saat stress muncul atau sebagai kebiasaan yang muncul ketika sedang cemas.

Perilaku seperti itu tidak hanya menimbulkan kerusakan gigi, gerakan gesekan yang timbulkan dapat menyebabkan rasa tidak nyaman juga dapat merusak lapisan enamel gigi. Kebiasaan ini harus dihentikan sebelum memperparah kondisi kesehatan gigi dan mulut.

Nah ada baiknya kamu menjaga kesehatan gigi kamu sejak dini ya FDCiers. Jangan lupa untuk memeriksakan gigi kamu paling tidak 6 bulan sekali di FDC Dental ClinicKlinik gigi, ya FDC ^_^

Sumber Referensi :

  1. https://hellosehat.com/hidup-sehat/fakta-unik/dampak-stres-terhadap-kesehatan-mulut/
  2. https://doktersehat.com/gangguan-gigi-dan-mulut-yang-muncul-akibat-stres/

Posted

in

, ,

by

Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *