Inilah Makanan dan Minuman yang Dapat Merusak Gigi

Kerusakan gigi terkadang juga bersumber dari makanan dan minuman yang notabennya merupakan kebutuhan setiap makhluk hidup.

Namun kamu harus selalu berhati hati, banyak makanan dan minuman yang tidak baik untuk kesehatan gigi.

Makanan tersebut ialah makanan yang memiliki rasa manis berlebih seperti permen.

Rasa manis pada makanan akan menyebabkan gigi berlubang. Gigi berlubang berawal dari sisa makanan yang kamu konsumsi, jika tidak segera dibersihkan akan menjadi plak.

Plak pada gigi banyak sekali bakteri yang dapat membuat zat asam, jika berlebih zat asam pada plak akan mengikis lapisan terluar gigi. Yang lama kelamaan akan membuat gigi berlubang, gigi akan berlubang mulai dari lubang tak kasap mata sampai berlubang besar jika tidak segera ditangani.

Selain permen banyak makanan dan juga minuman yang dapat merusak gigi secara perlahan. Sebaik kamu menghindari makanan serta minuman berikut untuk :

Makanan dan Minuman Perusak Gigi

1. Soda

Inilah-Makanan-dan-Minuman-yang-Dapat-Merusak-Gigi

Kita mulai dari minuman dulu, mungkin banyak dari kalian yang sudah tau apa itu soda. Minuman yang mengandung soda sangat nikmat memang, namun itulah penyebab yang dapat menyebabkan kerusakan pada gigi. Selain itu minuman bersoda dapat menyebabkan perubahan warna pada gigi.

Untuk menghindari kerusakan pada gigi kamu bisa berkumur setelah mengonsumsi minuman bersoda. Berkumur akan mengangkat rasa manis yang terdapat pada rongga mulut kamu.

2. Es Batu

Inilah-Makanan-dan-Minuman-yang-Dapat-Merusak-Gigi

Siapa ni yang suka mengunyah es batu secara bulat-bulat?? Es batu biasanya disajiakn untuk membuat minuman menjadi lebih segar. Jangan pernah lagi mengunyah es batu, apalagi memaksa untuk mengunyahnya.

Itu karena hal yang sia-sia, malah akan merusak gigi kamu. Mengunyah es batu dapat menyebabkan gigi patah karena tidak kuat menahan tekanan.

3. Cokelat

Inilah-Makanan-dan-Minuman-yang-Dapat-Merusak-Gigi

Siapa yang tak kenal dan tak suka makanan yang manis ini, sebenarnya tidak dilarang untuk memakan cokelat. Namun kamu perlu atur jumlahnya, jangan berlebihan untuk mengonsumsi cokelat.

Tidak semua cokelat berbahaya, cokelat yang bisa merusak gigi adalah cokelat yang banyak mengandung rasa manis.

Seperti cokelat kemasan, dan juga kue cokelat kamu bisa mengonsumsi cokelat yang tidak memiliki rasa begitu manis.

4. Keripik Kentang

Inilah-Makanan-dan-Minuman-yang-Dapat-Merusak-Gigi

Kenikmatan keripik kentang dimulai dengan kerenyahannya tetapi begitu makanan ini dikunyah, mereka berubah menjadi remahan lembut yang dapat tersangkut dan bertahan lama di celah-celah terkecil di gigi kamu.

Terlebih lagi, sementara kita menganggapnya gurih, kebanyakan keripik sebenarnya memiliki kandungan gula yang cukup tinggi, yang berarti kecenderungan mereka untuk tersangkut di sekitar gigi kamu bahkan bisa mendatangkan masalah yang lebih banyak.

5. Buah Kering

Inilah-Makanan-dan-Minuman-yang-Dapat-Merusak-Gigi

Buah memang makanan yang sehat dan dipenuhi dengan vitamin dan nutrisi lainnya. Tetapi berbeda dengan buah kering, buah kering memiliki tekstur yang lengket dan juga manis.

Beberapa buah kering, seperti mangga kering dan craisin (cranberry kering), dan kismis sering ditambahkan gula ekstra untuk menambahkan kenikmatan.

Makan buah kering secukupnya dan sikat gigi kamu setelah memakannya. Tetapi umumnya buah segar adalah pilihan yang lebih baik.

Itulah tadi makanan dan minuman yang dapat merusak gigi kamu jika tidak dibatasi makannya.

Baca juga: Makanan sehat untuk kesehatan gigi

Nah ada baiknya kamu menjaga kesehatan gigi sejak dini ya FDCiers. 

Jangan lupa untuk memeriksakan kesehatan gigi kamu paling tidak setiap 6 bulan sekali di FDC Dental Clinic. Klinik gigi, ya FDC.

Jangan pernah takut untuk periksa ke dokter gigi, karena kesehatan gigi itu penting.

Di FDC Dental Clinic kamu akan dimanjakan loh saat perawatannya. Gak percaya?? Langsung aja datang ke FDC Dental Clinic terdekat dari rumah FDCiers. Lagi banyak promo juga loh FDCiers, klik disini untuk lihat promonya.

Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *