Yuk Cari Tahu Cara Menyikat Gigi yang Baik dan Benar!

Menyikat adalah bentuk penyingkiran plak secara mekanis. Saat ini telah banyak tersedia sikat gigi dengan berbagai ukuran, bentuk, tekstur, dan desain dengan berbagai derajat kekerasan dari bulu sikat.

Salah satu penyebab banyaknya bentuk sikat gigi yang tersedia adalah adanya variasi waktu menyikat gigi, gerakan menyikat gigi, tekanan, bentuk dan jumlah gigi pada setiap orang.

Kebiasaan menyikat gigi secara teratur akan memberikan kontribusi terhadap kesehatan gigi dan mulut, sedangkan perilaku kesehatan gigi negatif, misalnya tidak menyikat gigi secara teratur maka kondisi gigi mudah berlubang.

Frekuensi menyikat gigi yang dilakukan dua kali sehari dapat membebaskan gigi dan gusi dari plak untuk mencegah gingivitis. Kebiasaan menyikat gigi yang baik dilakukan dua kali sehari yaitu pagi setelah sarapan dan malam sebelum tidur.

Kegiatan menyikat gigi sebelum tidur malam penting dilakukan karena produksi saliva kurang efektif selama waktu tidur. Perilaku menyikat gigi secara rutin yang terjadi setiap hari dapat mempengaruhi periode karies dan kesehatan jaringan periodontal.

Berikut beberapa metode atau cara menyikat gigi yang baik dan benar :

1. Metode Vertikal

Dilakukan dengan cara menyikat bagian depan gigi, kedua rahang tertutup lalu gigi disikat dengan gerakan ke atas dan ke bawah. Untuk permukaan gigi belakang, gerakan yang dilakukan sama tetapi mulut dalam keadaan terbuka.

Sedangkan pada metode horizontal semua permukaan gigi disikat dengan gerakan ke kiri dan ke kanan. Kedua metode tersebut cukup sederhana, tetapi tidak begitu baik untuk dipergunakan karena dapat mengakibatkan resesi gingiva dan abrasi gigi.

Yuk Cari Tahu Cara Menyikat Gigi yang Baik dan Benar!
Metode Vertikal

2. Metode Roll

Ujung bulu sikat diletakkan dengan posisi mengarah ke akar gigi dan arah bulu sikat pada margin gingiva, sehingga sebagian bulu sikat menekan gusi. Ujung bulu sikat digerakkan perlahan-lahan sehingga kepala sikat gigi bergerak membentuk lengkungan melalui permukaan gigi.

Permukaan atas mahkota juga disikat. Gerakan ini diulangi 8-12 kali pada setiap daerah dengan sistematis. Cara pemijatan ini terutama bertujuan untuk pemijatan gusi dan untuk pembersihan daerah interdental.

Yuk Cari Tahu Cara Menyikat Gigi yang Baik dan Benar!
Metode Roll

3. Metode Charter

Ujung bulu sikat diletakkan pada permukaan gigi, membentuk sudut 45 derajat terhadap sumbu panjang gigi dan ke atas. Sikat gigi digetarkan membentuk lingkaran kecil, tetapi ujung bulu sikat harus berkontak dengan tepi gusi.

Setiap bagian dapat dibersihkan 2-3 gigi. Metode ini merupakan cara yang baik untuk pemeliharaan jaringan pendukung gigi, walaupun agak sukar untuk dilakukan.

Baca Juga : Yuk Cari Tau Tips Untuk Memilih Sikat Gigi yang Baik – Drg. Anugerah Pekerti

4. Metode Bass

Bulu sikat pada permukaan gigi membentuk sudut 45 derajat dengan panjang gigi dan diarahkan ke akar gigi sehingga menyentuh tepi gusi. Dengan cara demikian saku gusi dapat dibersihkan dan tepi gusinya dapat dipijat.

Sikat gigi digerakkan dengan getaran kecil-kecil ke depan dan ke belakang selama kurang lebih 15 detik. Teknik ini hampir sama dengan teknik Roll, hanya berbeda pada cara pergerakan sikat giginya dan cara penyikatan permukaan belakang gigi depan.

Untuk permukaan belakang gigi depan, sikat gigi dipegang secara vertikal.

Yuk Cari Tahu Cara Menyikat Gigi yang Baik dan Benar!
Metode Bass

5. Metode Fones atau teknik sirkuler

Bulu sikat ditempelkan tegak lurus pada permukaan gigi. Kedua rahang dalam keadaan mengatup. Sikat gigi digerakkan membentuk lingkaran-lingkaran besar, sehingga gigi dan gusi rahang atas dan bawah dapat disikat sekaligus.

Daerah diantara 2 gigi tidak mendapat perhatian khusus. Untuk permukaan belakang gigi, gerakan yang dilakukan sama tetapi lingkarannya lebih kecil.

6. Metode Stillman dimodifikasi

Dianjurkan untuk pembersihan pada daerah dengan resesi gingiva yang parah disertai tersingkapnya akar gigi, guna menghindari dekstruksi yang lebih parah pada jaringan akibat abrasi sikat gigi.

7. Teknik Kombinasi

Teknik ini menggabungkan teknik menyikat gigi horizontal (kiri-kanan), vertical (atas-bawah) dan sirkular (memutar). Setelah itu dilakukan penyikatan pada lidah di seluruh permukaannya, terutama bagian atas lidah. Gerakan pada lidah tidak ditentukan, namun umumnya adalah dari pangkal belakanglidah sampai ujung lidah.

Menurut American Dental Association Metode Bass dan Roll yang paling sering direkomendasikan untuk dilakukan.

Nah ada baiknya kamu menjaga kesehatan gigi kamu sejak dini ya FDCiers. Jangan lupa untuk memeriksakan gigi kamu paling tidak 6 bulan sekali di FDC Dental Clinic. Klinik gigi, ya FDC.

Baca Juga :Yuk Intip Tips Cara Merawat Gigi Anak! – Drg. Azzyati Putri

Sumber Referensi :

  • http://www.just.edu.jo/FacultiesandDepartments/FacultyofAppliedMedScs/Documents/Lecture%209.pdf. Tooth Brush And Brushing Technique.
  • http://www.ijpsi.org/Papers/Vol6(5)/G06052938.pdf A review on toothbrush and tooth brushing methods.
  • Pratiwi, Donna. 2009. Gigi Sehat dan Cantik Perawatan Praktis Sehari-hari.
  • 2009. Cara Menyikat Gigi yang Benar. http://www.pdgi-online-com/v2/index.php?option=com_content&task=view&id=25&Itemid=1,htm

Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *