Yuk Cari Tahu, Kenapa Gigi Bisa Goyang?

Meskipun usia beranjak tua,  tentu kita tidak ingin kehilangan gigi bukan! Apalagi kalau masih muda. Nah, ada beberapa penyebab gigi goyang dan mudah tanggal, salah satu yang paling sering adalah periodontitis.

Periodontitis adalah peradangan kronis pada jaringan penyokong gigi atau yang disebut periodontal. Jaringan tersebut terdiri dari gusi, jaringan otot dan tulang.

Pada kondisi kebersihan mulut yang tidak baik, jaringan tersebut dapat meradang dan membengkak, apabila peradangan ini terus berlangsung maka jaringan tersebut akan rusak dan akhirnya tidak dapat menyokong gigi dan menyebabkan gigi tanggal.

Baca Juga : Kegunaan Gigi Tiruan untuk Kesehatan – Drg. Nurul

Yuk Cari Tahu, Kenapa Gigi Bisa Goyang?

Penyebab dan perjalalanan penyakit peridontitis

Periodontitis terjadi akibat respon imunologik tubuh terhadap agen asing yang menginfiltrasi jaringan periodontal umumnya kuman. Kuman pada jaringan periodontal tumbuh subur karena penumpukan plak  yang membentuk karang gigi.

Plak yang terbentuk disekitar gigi merupakan tempat terbaik untuk kuman tumbuh karena banyak nutrisi serta menjadi tempat yang sulit dibersihkan dengan menggosok gigi.

Respon imunologik terjadi akibat sel pertahanan tubuh melepaskan zat yang menyebabkan peradangan dan enzim yang yang dapat membunuh kuman yang prosesnya ditandai dengan membengkaknya jaringan periodontal, memerah serta nyeri.

Peradangan yang awalnya merupakan reaksi yang baik ini jika terjadi terus menerus tidak hanya menghentikan kuman tetapi juga dapat merusak jaringan periodontal bahkan kerusakannya dapat terjadi hingga ke tulang penyokong gigi (alveolar).

Pada saat tulang penyokong rusak, maka hingga gigi akan sangat mudah tanggal.

Yuk Cari Tahu, Kenapa Gigi Bisa Goyang?

Pencegahan dan pengobatan

Untuk mencegah terjadinya periodontitis, dibutuhkan konsistensi untuk mempertahankan kebersihan gigi dan mulut dengan menyikat gigi dua kali sehari pagi setelah sarapan dan malam sebelum tidur.

Jika karang gigi telah terbentuk maka perawatan yang tepat adalah melakukan scaling dan root planning yaitu pembersihan plak dan karang gigi menggunakan alat khusus.

Hal tersebut dapat membantu mengurangi peradangan dan memperbaiki jaringan yang sudah rusak. Jika kerusakan yang timbulkan sudah terlalu luas, maka dilakukan perawatan bedah dengan pencangkokan tulang penmyangga gigi.

Nah ada baiknya kamu menjaga kesehatan gigi kamu sejak dini ya FDCiers. Jangan lupa untuk memeriksakan gigi kamu paling tidak 6 bulan sekali di FDC Dental ClinicKlinik gigi, ya FDC.

Baca Juga: Pengaruh Membersihkan Lidah Terhadap Bau Mulut! – Drg. Ni Putu Primadewi.C

Sumber Referensi:

  • https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/periodontitis/symptoms-causes/syc-20354473
  • https://www.healthline.com/health/periodontitis
  • https://www.alodokter.com/periodontitis

Posted

in

, ,

by

Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *